Sukses

Kemkominfo: Imbauan Jalan Disterilkan karena Didisinfektan dari Udara, Hoaks

Pada hoaks itu disebutkan, akan ada penyemprotan disinfektan dari udara di sejumlah jalan di wilayah Jakarta yang mengatasnamakan Kementerian Kominfo.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika, Fernandus Setu membantah, adanya imbauan agar masyarakat mengosongkan sejumlah wilayah. Dia menegaskan pesan itu hoaks.

Pada imbauan yang beredar di media sosial itu disebutkan, akan ada penyemprotan disinfektan dari udara di sejumlah jalan di wilayah Jakarta yang mengatasnamakan Kementerian Kominfo.

"Konten tersebut tidak benar atau hoaks. Kementerian Kominfo tidak pernah mengeluarkan imbauan seperti informasi yang beredar tersebut," kata Fernandus dalam keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020).

Sebelumnya, beredar sebuah imbauan kepada seluruh warga DKI Jakarta pada Kamis 19 Maret 2020, jika pukul 14.30 sampai dengan 22.00 WIB dilarang berpergian ke luar rumah menggunakan kendaraan roda dua dan berjalan kaki. Terutama di wilayah-wilayah tertentu.

"Dikarenakan akan ada pencegahan COVID-19 dengan penyemprotan Disinfektan dosis tingkat 1 melalui udara yang dapat alergi pada kulit dan gangguan pernafasan. Sebagai langkah ini kami pihak Pemerintah akan bekerja sama dengan kepolisian lalu lintas untung pengaturan kendaraan," tulis pesan hoaks itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Jalan di Hoaks Tersebut

Jalan yang akan disterilkan menurut hoaks itu adalah Jalan Jaksa, Jalan Daan Mogot (Jakarta), Jalan Gajah Mada (Jakarta), Jalan Halim Perdanakusuma (Jakarta), Jalan Hayam Wuruk (Jakarta), Jalan HR Rasuna Said (Jakarta), Jalan Raya Pasar Minggu (Jakarta), Jalan Jelakeng, Jalan Jenderal Ahmad Yani (Jakarta), Jalan Jenderal Gatot Subroto (Jakarta), Jalan Jenderal Sudirman (Jakarta), Jalan Laksamana Yos Sudarso (Jakarta), Jalan Letnan Jenderal MT Haryono (Jakarta), Jalan Letnan Jenderal S Parman (Jakarta), Jalan MH Thamrin, Jalan Mayor Jenderal DI Panjaitan (Jakarta), Jalan Mayor Jenderal Sutoyo (Jakarta), Jalan Medan Merdeka (Jakarta), Jalan Pangeran Jayakarta, Jalan Prapatan (Jakarta), Jalan Profesor Dokter Satrio (Jakarta), Jalan Raya Bogor, Jalan Senen Raya (Jakarta), Jalan Sisingamangaraja (Jakarta), Jalur Jalan Raya Kota-Pondok Labu, Jalan Kramat Raya (Jakarta), Jalan Salemba Raya (Jakarta), Jalan Veteran (Jakarta), Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim (Jakarta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.