Sukses

Cegah Corona, PMI Salurkan Alat Disinfektan ke Rumah Ibadah

JK meminta kepada siapa pun waspada untuk jangan sampai terpapar virus Corona yang sudah mewabah hampir ke seluruh dunia ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla atau JK mengajak kolaborasi penanganan bersama virus Corona di Indonesia.

Lewat rapat yang dilangsungkan hari ini, JK mengundang perwakilan Dewan Mesjid Indonesia (DMI), Walubi, GKI, PGI, PHDI untuk memberi arahan penggunaan disinfektan di rumah-rumah ibadah.

"Saya ada satu catatan. Virus ini tidak pilih-pilih," ucapnya saat membuka rapat," kata JK di Kantor PMI, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (19/3/2020).

Bukan bermaksud menakuti, JK meminta kepada siapa pun waspada untuk jangan sampai terpapar virus Corona yang sudah mewabah hampir ke seluruh dunia ini.

"Puluhan ribu orang di dunia tak bisa terdeteksi keberadaannya. Bahkan, ia menyebut virus itu menyerang tubuh tokoh-tokoh negara seperti menteri-menteri," jelas JK.

Nantinya, para pemangku agama diharapkan dapat memberi arahan kepada tiap rumah ibadah untuk melakukan disinfektan rutin demi membunuh virus corona.

Teknisnya, PMI akan siap melatih petugas rumah ibadah dalam hal tata cara melakukan penyemprotan disinfektan.

PMI juga akan menyiapkan peralatan penyemprotan jika dibutuhkan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Masker dan Hand Sanitizer

Menanggapi ajakan JK, pengurus Keuskupan Agung Jakarta, Kristiano Puspo, mengapresiasi apa yg dilakukan oleh PMI dengan mengundang pengurus rumah ibadah untuk berkoordinasi dan bersama sama memerangi virus Covid 19.

"Selama ini kami sangat sulit mendapatkan masker, hand sanitizer untuk digunakan para jemaat gereja. Karenanya kami menginstruksikan para jemaat untuk tidak bersalaman dengan para pendeta maupun dengan jemaat lainnya untuk menghindari penyebaran virus Covid-19," tutur dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Corona Indonesia terjadi di awal bulan Maret 2020 lalu, dengan kasus dua orang warga Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19.

    Corona Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona

  • PMI