Sukses

Deretan Pejabat yang Sudah Tes Covid-19, Mulai Jokowi hingga Ridwan Kamil

Tak hanya Jokowi, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju juga melakukan tes Covid-19, salah satunya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus corona Covid-19. Akibatnya, seluruh jajaran menteri termasuk orang-orang yang pernah berinteraksi dengannya harus menjalani pemeriksaan Covid-19.

Salah satu yang menjalani pemeriksaan adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sang istri, Iriana juga dicek kesehatannya terkait virus corona Covid-19.

"Sudah, saya sudah tes, Ibu (Iriana) sudah tes (Covid-19)," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020.

Tak hanya Jokowi, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju juga melakukan tes serupa. Misalnya saja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

"Sudah. Hari Senin lalu," kata Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada Liputan6.com, Rabu, 18 Maret 2020.

Berikut deretan pejabat negara yang melakukan tes kesehatan terkait kasus virus corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Presiden dan Wakil Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku telah melakukan pemeriksaan kesehatan terkait virus corona Covid-19.

Bukan hanya Jokowi, Ibu Negara Iriana pun melakukan tes serupa sebagai deteksi dini penyebaran Covid-19.

"Sudah, saya sudah tes, Ibu (Iriana) sudah tes," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 16 Maret 2020.

Kendati begitu, dia enggan mengungkapkan hasil tes pemeriksaan Covid-19. Jokowi meminta agar hasil tesnya langsung ditanyakan kepada dokter yang memeriksa.

"Hasilnya tanyakan ke (dokter) yang ngetes," jelas Jokowi.

Selain itu, Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi, memegaskan saat ini Wakil Pesiden Ma'ruf Amin dalam konsidi sehat walafiat.

Dia mengatakan, Wapres Ma'ruf Amin sudah menjalani tes virus corona Covid-19 dan hasilnya negatif.

"Pak Wapres sudah menjalani tes dan hasilnya dinyatakan negatif. Tesnya kemarin Sabtu, 14 Maret hasilnya Minggu, 15 Maret di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta," kata Masduki.

Karena itu, lanjut Masduki, Wapres Ma'ruf tetap beraktivitas seperti biasa pada hari ini. Hanya saja dilakukan terbatas tanpa tatap muka secara langsung untuk menghindari Covid-19.

"Pak Wapres tetap bekerja, tapi memanfaatkan teknologi. pakai video conference, ada Skype. Juga hari ini udah ada wawancara, untuk pertemuan tamu dibatasi," jelas Masduki.

 

3 dari 6 halaman

Menteri PUPR dan Menhan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) basuki Hadimuljono dinyatakan negatif virus Corona Covid-19.

Hal tersebut diungkap setelah hasil tes covid-19 pertama di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) keluar pada Selasa sore, 17 Maret 2020.

Dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu, 18 Maret 2020, Menteri Basuki dalam keadaan sehat wal afiat sebagaimana hasil test COVID-19 pertama di RSPAD yang diketahui sore ini (Selasa, 17 Maret 2020) dan dinyatakan negatif virus Corona.

Pada Selasa kemarin, Menteri Basuki tetap melakukan kegiatan seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu bekerja dari rumah.

Selain itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto juga telah memeriksakan dirinya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat RSPAD Gatot Soebroto, Senin, 16 Maret 2020 lalu.

"Sudah. Hari Senin lalu," kata Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada Liputan6.com, Rabu, 18 Maret 2020.

Hanya saja Dahnil tidak menyampaikan hasil pemeriksaan tersebut.

"Silakan tanya ke Jubir Covid-19 atau RSPAD. Mereka yang berwenang menjawab," tukasnya.

 

4 dari 6 halaman

Mentan hingga Menpan RB

Selain Prabowo, Menteri Pertanian (Mentan) Syahril Yasin Limpo juga telah melakukan tes Covid-19. Pemeriksaan juga dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto pada Senin lalu.

"Sudah (diperiksa), hari Senin di RSPAD. Cuma hasilnya belum keluar," katanya kepada merdeka.com, Rabu, 18 Maret 2020.

Kendati belum keluar, Dina meyakini kalau Yasin Limpo dalam keadaan sehat. Hal ini dikarenakan, hingga kini Yasin Limpo masih melakukan aktivitas seperti biasa.

"(Kondisi) baik kok, masih menjalankan aktivitas seperti biasa," ujarnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto juga melakukan pemeriksaan terkait Covid-19.

Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan (Kemenag) Olvy menyampaikan, kondisi Agus dalam keadaan sehat. Bahkan, hari ini Agus dijadwalkan melakukan konferensi pers.

"Bapak alhamdulilah sehat. Hari ini ada konferensi pers online," ujarnya.

Begitu juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PANRB) Tjahjo Kumolo. Karo Humas Kemenpan RB Andi Rahadian menegaskan, Tjahjo Kumolo dalam kondisi sehat setelah pemeriksaan Covid-19.

Menurut dia, seluruh menteri telah melakukan pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto.

"Setahu saya semua Menteri sudah di test kesehatannya, semua Menteri di RSPAD," singkatnya.

 

5 dari 6 halaman

Mendagri dan Istri

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama istri Tri Suswati sudah melakukan tes Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu, 15 Maret 2020 lalu.

Adapun keduanya telah melakukan serangkaian pemeriksaan seperti sampel darah, pemeriksaan paru-paru lewat rontgen X-Ray, dan pemeriksaan laboratorium swap (cairan) tenggorokan dan hidung.

Adapun hasilnya telah keluar sejak Senin, 16 Maret 2020.

"Dari hasil tes tersebut di atas, khususnya pemeriksaan atas darah dan rontgen X-Ray atas paru-paru, menunjukkan bahwa Mendagri Tito dan ibu Tri Suswati Karnavian negatif atau sama sekali tidak terkena infeksi virus Corona," kata Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, Rabu, 18 Maret 2020.

Untuk hasil swap, sesuai protokol medis laboratorium, hasilnya memang baru bisa diketahui setelah 2 hingga 3 hari kerja sejak saat pengambilan sampel.

"Bapak Mendagri dan Ibu Tri Suswati Karnavian dalam keadaan sehat walafiat dan menjalankan kegiatan yang sudah terjadwal," pungkas Kastorius.

 

6 dari 6 halaman

Gubernur Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjalani pemeriksaan kesehatan terkait virus corona Covid-19.

Pemeriksaan dilakukan lantaran Ridwan Kamil sempat berinteraksi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang saat ini dinyatakan positif virus corona Covid-19.

Usai menjalani pemeriksaan, mantan Wali Kota Bandung ini dinyatakan negatif virus corona Covid-19.

Hal itu terungkap melalui akun Instagram miliknya @ridwankamil, Senin (16/3/2020). Dia juga mengungkapkan menjalani pemeriksaan bersama sang istri Atalia.

"Sehubungan berita bahwa Bapak Menteri Perhubungan sakit dan dirawat karena virus covid-19, dan kebetulan saya dan pak menteri pernah berada dalam satu acara tanggal 1 Maret di Bandara Kertajati, maka untuk menenangkan jajaran pemerintahan dan publik, sesuai prosedur saya berinisiatif untuk mengecek potensi keterpaparan virus covid-19 oleh Labkes Pemprov Jabar. Hal yang sama juga dilakukan kepada Ibu @ataliapr.

Alhamdulillah, Hasilnya kami berdua negatif dari virus tersebut dan fisik dinyatakan dalam kondisi sehat wal’afiyat. Sehingga kami jika rindu, bolehlah berpelukan lagi," tulis Ridwan Kamil.

Dengan keluarnya hasil tersebut, ia pun mengaku akan kembali menjalankan aktifitasnya seperti biasa.

"Dengan ini kami bisa melanjutkan kegiatan kedinasan dan pengawasan pembangunan di Jawa Barat di hari-hari ke depan secara aktif," tulis Ridwan Kamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.