Sukses

Prabowo Subianto Sudah Tes Covid-19, Apa Hasilnya? 

Presiden Jokowi memerintahkan seluruh jajaran kabinet memeriksakan kesehatannya setelah Menhub dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memerintahkan jajaran kabinetnya untuk memeriksakan diri terkait virus corona baru atau Covid-19. Hal itu menyusul adanya salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju yang dinyatakan positif Covid-19.

Salah satu menteri yang telah melaksanakan tes Covid-19 adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra itu telah memeriksakan dirinya ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat RSPAD Gatot Soebroto, Senin 16 Maret 2020 lalu.

"Sudah. Hari Senin lalu," kata Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada Liputan6.com, Rabu (18/3/2020).

Hanya saja Dahnil tidak menyampaikan hasil pemeriksaan tersebut."Silakan tanya ke Jubir Covid-19 atau RSPAD. Mereka yang berwenang menjawab," tukasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, tes kesehatan untuk seluruh menteri dan pejabat negara yang kontak dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), sudah selesai.

Hasilnya, Yuri menyebut, mereka semua dalam kondisi yang baik. "Hasil sudah, Alhamdulillah seluruhnya dalam kondisi baik sampai dengan saat ini," kata Yuri.

Yuri mengatakan, pemeriksaan kepada mereka adalah tes kesehatan umum atau general medical check up. Sehingga pernyataan dalam kondisi baik, tidak untuk diasumsikan mereka negatif terjangkit Covid-19.

"Jadi sekali lagi, karena ini general check up maka kami tidak akan men-declare tentang hasilnya, karena hasil tersebut diserahkan kepada pejabat yang bersangkutan," tegas Yuri.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mentan hingga Menpan RB

Selain Prabowo, Menteri Pertanian (Mentan) Syahril Yasin Limpo juga telah melakukan tes Covid-19. Pemeriksaan juga dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto pada Senin lalu.

"Sudah (diperiksa), hari Senin di RSPAD. Cuma hasilnya belum keluar," katanya kepada merdeka.com, Rabu (18/3/2020).

Kendati belum keluar, Dina meyakini kalau Yasin Limpo dalam keadaan sehat. Hal ini dikarenakan, hingga kini Yasin Limpo masih melakukan aktivitas seperti biasa.

"(Kondisi) baik kok, masih menjalankan aktivitas seperti biasa," ujarnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto juga melakukan pemeriksaan terkait Covid-19. Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan (Kemenag) Olvy menyampaikan, kondisi Agus dalam keadaan sehat. Bahkan, hari ini Agus dijadwalkan melakukan konferensi pers.

"Bapak alhamdulilah sehat. Hari ini ada konferensi pers online," ujarnya.

Begitu juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (PANRB) Tjahjo Kumolo. Karo Humas Kemenpan RB Andi Rahadian menegaskan, Tjahjo Kumolo dalam kondisi sehat setelah pemeriksaan Covid-19.

Menurut dia, seluruh menteri telah melakukan pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto. "Setahu saya semua Menteri sudah di test kesehatannya, semua Menteri di RSPAD," singkatnya. 

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Menhub hingga kini masih dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat.

 

Ronald Chaniago/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.