Sukses

Pengamat: Pelatihan Online Prakerja Baiknya Dialihkan untuk BLT

Ridha menyatakan, dampak Covid 19 akan mengancam masyarakat rentan miskin jatuh miskin dimana jumlahnya mencapai 40% dari jumlah penduduk.

Liputan6.com, Jakarta - Kordinator Nasional Tim Akar Rumput M Ridha Saleh mengusulkan dana pelatihan online di program Kartu Prakerja dialihkan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Jaringan Pengamanan Sosial (JPS) untuk menstimulus dan memitigasi program Bantuan Pangan Rakyat (BPR), terlebih untuk menjaga daya tahan produksi bagi petani, nelayan serta buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Itulah yang sangat penting bagi pemenuhan hak-hak dasar rakyat dalam masa-masa krisis saat ini," ujarnya melalui, Rabu (22/4/2020).

Ridha menyatakan, dampak Covid 19 akan mengancam masyarakat rentan miskin jatuh miskin dimana jumlahnya mencapai 40% dari jumlah penduduk. Itu artinya jumlah penduduk miskin Indonesia akan berada di atas 2 digit.

"Inilah tantangan yang harus diantisipasi dengan program yang cepat dan tepat sasaran tersebut," ujarnya.

Pihaknya menyesalkan program prakerja online yang  akan digunakan untuk pelatihan secara online dan akan dikerjakan oleh beberapa perusahaan start up.

"Bagi kami ini sungguh keterlaluan dan tidak etis karena di tengah-tengah situasi penderitaan rakyat masih ada saja pihak yang ingin "merusak" niat baik Presiden dengan mengambil kesempatan untuk meraup kentungan," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.