Sukses

Selain Non-Alam, BNPB Sebut Virus Corona Bencana Skala Nasional

Menurut Agus, segala upaya dikerahkan untuk menanggulangi bencana non-alam atau pandemi tersebut agat segera mereda.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo menyebut bahwa wabah virus corona masuk dalam kategori bencana alam non-alam dan skala nasional.

"Bisa juga disebut bencana, bukan bencana nasional tapi skala nasional. Karena dengan status tersebut, pemerintah mengerahkan segala potensi yang ada di Indonesia. Baik dari TNI, Polri, dunia usaha, media, dan sebagainya, untuk mendukung operasi percepatan penanggulangan bencana Covid-19 ini," tutur Agus di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa (17/3/2020).

Menurut Agus, segala upaya dikerahkan untuk menanggulangi bencana non-alam atau pandemi tersebut agat segera mereda. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun telah memerintahkan setiap pemerintah daerah mengambil langkah tepat untuk masyarakat setempat.

"Instruksi Presiden kemarin bahwa Presiden meminta kepada kepala daerah dalam hal ini gubernur, bupati, wali kota, untuk menentukan dua status. Status keadaan darurat ada dua. Satu siaga darurat, kedua tanggap darurat," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Menetapkan Siaga Darurat

Agus menyebut, daerah yang belum menemukan kemunculan kasus virus corona dapat menetapkan status siaga darurat sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi. Sementara untuk wilayah dengan temuan kasus positif virus corona, dapat mentapkan status tanggap darurat.

"Tentunya perlu konsultasi dahulu dengan ketua gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 yakni kepala BNPB," Agus menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.