Sukses

Covid-19 Sebabkan MTQ Provinsi Banten Diundur Sampai Keadaan Stabil

Rencananya, tahun ini MTQ bakal digelar di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 23 sampai 27 Maret mendatang.

Liputan6.com, Tangerang - Virus Corona atau Covid-19, membuat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Provinsi Banten tahun ini, ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Rencananya, tahun ini MTQ bakal digelar di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada 23 sampai 27 Maret mendatang.

"Lalu kita rencanakan diundur ke 13 sampai 17 April 2020, lalu ada surat dari Provinsi Banten, kalau nanti akan diundur sampai batas ditentukan kemudian," ujar Ketua Pelaksana MTQ Provinsi Banten Tahun 2020, Rahmat Salam, Selasa (17/3/2020).

Menurut surat dari Provinsi Banten juga, kalau memang pada pertengahan April tersebut semua sudah stabil dan penyebaran Covid-19 dinyatakan sudah aman, maka gelaran MTQ akan langsung diadakan.

Rencananya, gelaran MTQ akan diikuti oleh 511 peserta dari perwakilan 8 kota dan kabupaten se Provinsi Banten, dengan 14 cabang perlombaan.

Awalnya, MTQ akan tetap digelar tanpa ada sesi pawai ta'aruf yang memperkenalkan kebudayaan serta peserta dari masing-masing kota dan kabupaten. Lalu muncul lagi kebijakan lain, akan digelar tanpa adanya penonton, hingga akhirnya pelaksaan benar-benar diundur sampai Covid-19 ini benar-benar mereda.

Lantaran diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan, semua peserta pun oleh panitia pelaksana sudah dikirimkan pemberitahuan. Termasuk penjadwalan ulang reservasi hotel, tenda, konsumsi dan semua persiapan yang sudah dilakukan dari jauh-jauh hari.

"Inikan bukan hanya bencana nasional, tapi juga dunia. Jadi lebih baik kita mawas diri, waspada, semua pihak Alhamdulillah mengerti," ujar Rahmat. (Pramita Tristiawati)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.