Sukses

Penumpang Air Asia Suspect Covid-19 yang Dirujuk ke RS M Djamil Meninggal Dunia

pihak RSUP M Djamil Padang sudah melakukan pemeriksaan terhadap pasien dan pasien berstatus termasuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penumpang pesawat Air Asia rute Kuala Lumpur-Padang yang sempat dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang meninggal dunia.

Saat dirujuk ke rumah sakit, pasien tersebut mengalami sesak napas dan suhu badan mencapai 36,6 derajat Celsius.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil Padang Gustafianof, membenarkan pasien tersebut meninggal dunia.

"Sebelumnya pihak RSUP M Djamil Padang sudah melakukan pemeriksaan terhadap pasien dan pasien berstatus termasuk pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di Sumbar," kata dia di Padang, Selasa (17/3/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan jenazah pasien akan segera dibawa ke rumahnya.

"Pasien meninggal pada pukul 21.10 WIB. Selama dalam perawatan sudah dilakukan sesuai standar operasional," ujar dia.

Ia mengatakan selama dalam pemeriksaan, selain mengalami gejala sesak napas, batuk dan demam pasien juga memiliki gejala penyakit ginjal.

Meskipun demikian, ia mengatakan pihak rumah sakit masih menunggu hasil laboratorium pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung pasien.

"Hasil pemeriksaannya akan segera dikirim ke Litbangkes Kementerian Kesehatan. Jenazah kami berlakukan sesuai standar operasional prosedur," katanya seperti dikutip dari Antara.

Pihak rumah sakit masih menunggu kepastian hasil laboratorium terkait pasien dinyatakan positif atau negatif Covid-19.

"Hasil pemeriksaan akan ke luar empat hari ke depan," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Hasil Pemeriksaan Covid-19

Ia juga mengatakan jenazah pasien akan dibawa ke rumahnya. Tapi sebelum diantar pulang, perlakuan pasien tetap sesuai standar yaitu jenazah dimandikan dan disalatkan di rumah sakit.

Lebih lanjut ia mengatakan penumpang Air Asia yang dirujuk ke RSUP M Djamil Padang hanya satu orang, berjenis kelamin laki-laki dengan umur 47 tahun.

"Meskipun sudah meninggal dunia, kita masih menunggu hasil pemeriksaan hingga empat hari ke depan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.