Sukses

Cak Imin Instruksikan Kader PKB Bantu Pemerintah Hadapi Covid-19

PKB diminta menurunkan tim medis membantu mengecek kesehatan masyarakat yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengeluarkan instruksi agar seluruh pengurus dan kadernya membantu pemerintah dalam menghadapi virus corona atau Covid-19.

Dia meminta PKB menurunkan tim medis untuk mengecek kesehatan warga yang memerlukan dari rumah ke rumah. 

"Setiap DPW dan DPC PKB menjadi posko hotline menjadi pusat orang kontak minta pengecekan kesehatan dalam rangka tindakan preventif Covid-19. Menyediakan relawan medis membantu penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah atau daerah rentan," kata Cak Imin, Minggu (15/3/2020).

Dia pun meminta, seluruh struktur partai mulai DPW hingga ranting PKB melakukan pendataan dan mengedukasi masyarakat disekitarnya terkait Covid-19.

"PKB mendukung dan terus memastikan agar pemerintah punya cukup kamar rumah sakit sekaligus mendorong pemerintah mempercepat penyiapan tempat yang dapat dikonversi sebagai rumah sakit darurat," ungkap Cak Imin.

Dia pun mendorong pemerintah memobilisasi dokter, teknisi lab, paramedis, dan lainnya harus dipastikan tersebar di semua daerah yang dinilai rentan.

"PKB memperjuangkan untuk UKM yang tidak bisa bekerja akibar terdampak Covid-19 agar dibantu pemerintah dengan sebuah kebijakan yang terukur dan efektif. Selain itu, mengingatkan pemerintah agar punya cukup anggaran penanganan Covid-19 dan dampak ekonominya. PKB menginstruksikan kepada Fraksi PKB untuk membantu pemerintah mewujudkan itu semua," tegas Cak Imin.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi Masyarakat

Dia meminta masyarakat harus tetap hidup sehat, menjaga lingkungan, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, dan aktif mensosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos dan sebagainya.

"Seluruh media sosial pengurus dan kader serta anggota PKB wajib dipenuhi dengan sosisalisasi langkah dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi Covid-19 serta berbagai informasi yang penting untuk masyarakat guna mencegah persebaran virus," tukasnya.

Terakhir, masih kata dia, PKB mengapresiasi seluruh langkah dan kebijakan pemerintah serta mendorong semua pemerintah daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dan semua stakeholder lainnya dalam melakukan langkah dan kebijakan penanganan Covid-19.

"Hanya dengan bersatu, bersinergi dan saling bahu-membahu semua elemen pemerintahan dan bangsa Indonesia, pengatasan Covid-19 akan semakin efektif dan meminimalisir korban maupun dampaknya dipelbagai bidang kehidupan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.