Sukses

Observasi Covid-19 Tuntas, 68 ABK Diamond Princess Tiba di Tanjung Priok

Enampuluh delapan ABK tersebut terdiri dari 66 ABK pria dan 2 perempuan. Guna menguatkan kondisi kesehatan mereka, 68 ABK terseut diberikan sertifikat sehat.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 67 anak buah kapal (ABK) Diamond Princess usai menjalani observasi Covid-19 di Pulai Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, selama 14 hari. Mereka tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 12.00 WIB 

"Alhamdullilah kondisi hingga saat ini sehat semua," kata Pankogabwilhan I Lasdya Yudo Margono di Kolinlamil, Jakarta Utara, Minggu (15/3/2020)

Enampuluh delapan ABK tersebut terdiri dari 66 ABK pria dan 2 perempuan. Guna menguatkan kondisi kesehatan mereka dari Covid-19 , 68 ABK terseut diberikan sertifikat sehat.

"Tadi sudah diberikan sertifikat sehat dari Kemenkes," kata Yudo.

Penyerahan sertifikat sehat dan serah terima dari penanggungjawab selama observasi ke Kementerian PMK dilakukan di atas kapal guna efektifitas kegiatan.

Sehingga para ABK tersebut dapat langsung masuk ke bus yang akan mengantarkan mereka ke kampung halaman masing-masing.

Menurut Yudo, pemeriksaan terakhir dilakukan sebelum para ABK tersebut naik ke KRI Semarang yang mengantarkan mereka dari Pulau Sebaru Kecil ke Kolinlamil, Tanjung Priok.

"Semuanya negatif dan dinyatakan sehat," tegas Yudo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Kartu Kuning

Budi Silvana Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes di tempat sama menyatakan, 68 ABK tersebut diberikan kartu kuning untuk digunakan melapor bila mereka mengalami gejala atau gangguan kesehatan ke fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah mereka.

Namun, Budi memastikan dari serangkaian tes kesehatan dan hasil uji laboratorium 68 ABK tersebut dalam kondisi Sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.