Menpan RB Imbau ASN Bekerja dari Rumah Hindari Penyebaran COVID-19

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 15 Mar 2020, 11:16 WIB
Diperbarui 15 Mar 2020, 11:16 WIB
Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo
Perbesar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo, mengimbau seluruh pimpinan kementerian dan lembaga serta Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu mengikuti arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan juru bicara resmi pemerintah, terkait Corona atau COVID-19.

Selain itu, masih kata dia, ASN juga diperbolehkan berkerja dari rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Untuk mencegah penyebaran COVID-19, ASN dibolehkan bekerja dari rumah. Setiap Pejabat Pembina Kepegawaian diharapkan menetapkan mekanisme kerja yang akuntabel yang memungkinkan pegawai bekerja dari rumah," kata Tjahjo, Minggu (15/3/2020).

Berdasarkan mekanisme kerja tersebut, masih kata dia, pelaynan Pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) melakukan asesment dan menetapkan siapa pegawai yang bisa bekerja dari rumah dan siapa yang tetap harus masuk kantor.

"PPI agar menjamin bahwa pelayanan publik di instansinya tetap berjalan dengan baik. Dengan pengaturan kerja seperti itu, tunjangan kinerja pegawai tetap diberikan sesuai hak pegawai," pungkasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Menteri Sofyan Djalil Negatif Covid-19

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dinyatakan negatif dari virus Corona atau Covid-19, berdasarkan hasil pemeriksaan di RSPAD Gatot Soebroto.

Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati mengatakan Sofyan Djalil telah melakukan tes Covid-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto sejak Sabtu (14/3/2020) kemarin.

"Kami informasikan bahwa Pak Menteri sudah cek di RSPAD dan hasilnya negatif," kata Yulia melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Sebelumnya, kondisi Menteri Sofyan Djalil dipertanyakan setelah kabar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus Corona pada Sabtu, 14 Maret 2020 yang diumumkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Adapun kegiatan terakhir Menhub Budi Karya Sumadi, yakni menghadiri rapat terbatas (ratas) di Istana Negara Jakarta pada 11 Maret 2020. Posisi duduk Budi Karya pada saat ratas tersebut diapit oleh Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Dengan telah dirilisnya berita Menhub positif Covid-19 di televisi, maka beberapa wartawan dan teman-teman Jajaran ATR/BPN bertanya bagaimana dengan Pak Menteri ATR/BPN karena di ratas duduknya bersebelahan dengan Pak Budi Karya?" tulis Yulia seperti dikutip Antara.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai menteri yang selalu berada di garis depan dalam penanganan dampak virus corona jenis baru atau Covid-19.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya