Sukses

Sudah Kembali ke Kediaman, Menko Muhadjir Sempat Dirawat di Rumah Sakit

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) menyatakan bahwa Menteri PMK Muhadjir Effendy sudah keluar dari rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) menyatakan bahwa Menteri PMK Muhadjir Effendy sudah keluar dari rumah sakit.  

"Belliau sudah keluar dari rumah sakit. Ada operasi kecil," keterangan dari Kemenko PMK, Minggu (15/3/2020).

Saat ini Menko Muhadjir sudah berada di kediamannya. "Sekarang sudah di kediaman," tulis Kemenko PMK.

Sebelumnya beredar kabar Menko Muhadjir dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Hal ini menyusul pernyataan resmi pemerintah yang menyebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terjangkit Covid-19.

Menhub Budi saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Beberapa waktu lalu, Budi Karya sempat menghadiri rapat terbatas bersama sejumlah menteri.  

"Menkes telah bertindak cepat untuk mengantisipasi mengenai hal ini, melakukan tracing dan segera melakukan tes bila diperlukan," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Namun dia meyakinkan, banyak orang yang terkena Covid-19 tapi bisa sembuh.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tak perlu panik. Positifnya Covid-19 Menhub Budi Karya, telah menjadi catatan pemerintah.

"Ini jadi catatan kita. Tak perlu panik dan meminimalisir risiko. Namun tak perlu panik, banyak kasus yang sehat," ujar Pratikno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Budi Karya

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya mengatakan, saat ini kondisi Budi Karya secara keseluruhan sudah baik.

Albertus mengatakan, awalnya Budi Karya dirawat di rumah sakit swasta. Namun, ketika terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dipindahkan ke RSPAD.

"Jadi awalnya dirawat dengan penyakit penyerta dengan RS swasta. Beliau sesak napas, serta dilakukan pemasangan alat medik supaya beliau kondisinya baik," kata Albertus di Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Sementara sore tadi, kata Albertus, kondisi Budi Karya sudah mulai membaik.

"Tadi sore dinyatakan ada perbaikan keadaan umum beliau," kata dia. 

3 dari 3 halaman

Menkes Diminta Kerja Keras

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Menteri Kesehatan Terawan Budi Santoso untuk semakin bekerja keras menangani Covid-19. Hal ini adalah pesan Jokowi setelah Menhub Budi Karya dinyatakan positif terjangkit Virus Corona.

Hal ini dilakukan, kata Pratikno agar masyrakat terlindungi dan dampaknya bisa diminimalisir.

Sebelum sakit, Budi Karya diketui banyak mengunjungi tempat vital.

"Beliau banyak melakukan kunjungan tempat vital, alat masuk ke negara kita," ujar Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr Albertus Budi Sulistya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.