Menhub Budi Karya Positif Covid-19, Bagaimana Menteri Lainnya?

Oleh Rita Ayuningtyas pada 14 Mar 2020, 21:44 WIB
Diperbarui 14 Mar 2020, 21:44 WIB
DPR Evaluasi Penanganan Transportasi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020
Perbesar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) dan Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Rapat membahas evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi positif Covid-19 dan tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Beberapa waktu lalu, Budi Karya sempat menghadiri rapat terbatas bersama sejumlah menteri.

Lalu, bagaimana dengan menteri yang lain? Apakah ada peningkatan protokol ke pejabat negara?

"Menkes telah bertindak cepat untuk mengantisipasi mengenai hal ini, melakukan tracing dan segera melakukan tes bila diperlukan," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Namun dia meyakinkan, banyak orang yang terkena Covid-19 tapi bisa sembuh.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tak perlu panik. Positifnya Covid-19 Menhub Budi Karya, telah menjadi catatan pemerintah.

"Ini jadi catatan kita. Tak perlu panik dan meminimalisir risiko. Namun tak perlu panik, banyak kasus yang sehat," ujar Pratikno.

2 dari 3 halaman

Kondisi Budi Karya

Menhub - DPR Bahas Persiapan Infrastruktur dan Transportasi Destinasi Wisata
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Rapat membahas persiapan infrastruktur dan transportasi pendukung di lima destinasi prioritas wisata nasional. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Albertus Budi Sulistya mengatakan, saat ini kondisi Budi Karya secara keseluruhan sudah baik.

Albertus mengatakan, awalnya Budi Karya dirawat di rumah sakit swasta. Namun, ketika terkonfirmasi positif Covid-19 langsung dipindahkan ke RSPAD.

"Jadi awalnya dirawat dengan penyakit penyerta dengan RS swasta. Beliau sesak napas, serta dilakukan pemasangan alat medik supaya beliau kondisinya baik," kata Albertus di Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Sementara sore tadi, kata Albertus, kondisi Budi Karya sudah mulai membaik.

"Tadi sore dinyatakan ada perbaikan keadaan umum beliau," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓