Sukses

PDIP: Hadapi Virus Corona, Saatnya Bangun Kedaulatan Nasional di Bidang Kesehatan

PDIP juga telah meminta seluruh kader agar terlibat aktif membantu pemerintah dalam memerangi virus Corona yang kini tengah mewabah.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, langkah yang dilakukan Presiden Jokowi dengan menunjuk Letjen TNI Doni Monardo menjadi Kepala Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sebagai langkah tepat. 

Menurut Hasto, sejak awal Jokowi telah membentuk task force yang dipimpin langsung olehnya. Tugas tersebut dipertegas dengan pembentukan Satgas Penanggulangan Covid 19.

"Dengan demikian jelaslah bahwa Presiden Jokowi memiliki sense of crisis. Adapun metodenya adalah kerja tanpa banyak bicara," kata Hasto kepada wartawan sebelum membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I DPD PDI Perjuangan Banten, di Serang, Sabtu (14/3/2020). 

Hasto menyatakan, apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi, dengan dukungan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, perlu didukung bersama.

"Saatnya kita gelorakan gotong royong nasional guna bersama-sama mencegah penularan virus melalui upaya peningkatan kekebalan tubuh, hidup bersih dan sehat," ujar Hasto.

PDIP juga meyakinkan bahwa rakyat dan  bangsa Indonesia memiliki semangat juang yang tinggi. Berbagai penyakit rakyat seperti tubercullosis, demam berdarah, tipes, kolera, dan juga virus Corona harus diatasi bersama-sama dengan cara gotong royong.

"Kita punya semangat juang. Saatnya bangun kedaulatan nasional di bidang kesehatan," tegas pria asal Yogyakarta itu. 

Lebih lanjut Hasto menyatakan, guna membangun kedaulatan nasional tersebut, maka pendekatan hulu-hilir dikedepankan.

Dari hulu misalnya, berbagai lembaga riset nasional di bidang farmasi dan obat-obatan tradisional diharapkan dapat bekerja sama dengan BUMN seperti Kimia Farma, dan berbagai rumah sakit riset yang dikelola pemerintah untuk mengatasi virus Corona atau Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gugus Tugas Penanganan Virus Corona

PDIP sendiri, lanjut Hasto, melalui instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, sejak 2 Februari 2020 lalu telah meminta seluruh kader agar terlibat aktif di dalam upaya membantu pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia di dalam memerangi berbagai penyakit tersebut.

"Berdaulat di bidang kesehatan sangatlah penting bagi terwujudnya kedaulatan nasional Indonesia," kata Hasto. 

Seperti diketahui, Jokowi telah menerbitkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Perceparan Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, Jumat, 13 Maret kemarin. 

Keppres tersebut menetapkan pula pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Gugus Tugas itu akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Dalam Keppres, Presiden menunjuk Kepala Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo sebagai Pelaksana Gugus Tugas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.