Sukses

Jokowi Perintahkan Menkes Ajak Eijkman dan Universitas Airlangga Teliti Spesimen Virus Corona

Hingga saat ini Balitbangkes sudah meneliti 700-an lebih spesimen virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mengajak Eijkman Institut dan Univesitas Airlangga untuk meneliti spesimen virus corona (Covid-19). Terkait teknisnya, Jokowi mengklaim Terawan yang akan menjelaskan lengkap hal tersebut.

"Saya perintahkan ke Menkes di luar balitbangkes bisa melakukan kelihatannya bisa Airlangga, Eijkmen akan dilibatkan. Nanti teknis tanya ke Menkes," kata Jokowi di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang-Banteng, Jumat (13/3/2020).

Diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 658 Tahun 2009 tentang Jejaring Laboratorium Diagnosis Penyakit Infeksi New emerging dan Re-emerging, Balitbangkes berfungsi sebagai laboratorium pusat rujukan nasional dan pusat kerja sama laboratorium penyakit infeksi new emerging dan re-emerging dengan dunia internasional.

Kemudian hingga saat ini Balitbangkes sudah meneliti 700-an lebih spesimen virus corona.

Diketahui Indonesia memiliki fasilitas laboratorium yang mampu mendeteksi virus corona atau 2019-novel coronavirus yakni di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Kementerian Riset dan Teknologi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.