Sukses

Bamsoet: Prabowo Pantas Maju di Pilpres 2024

Bamsoet menilai, Prabowo masih memiliki kans menjadi calon presiden (Capres) 2024.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum (Waketum) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku tidak terkejut jika Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon presiden terkuat di Pilpres 2024. Hal itu menanggapi hasil survei Cyrus Network.

Menurut Bamsoet, Prabowo memang memiliki para pemilih loyal.

"Saya tidak terkejut Prabowo menempati posisi satu. Tidak hanya survei Cyrus dan survei lainnya. Ini menunjukkan bahwa Prabowo memiliki pemilih loyal," ujar Bamsoet dalam rilis survei Cyrus Network di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (13/3/2020). 

Sebelumnya, Prabowo memang diekspektasikan akan ditinggal para pemilihnya lantaran telah bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Namun, kekhawatiran tersebut lanjut Bamsoet telah terbantahkan. 

"Ketika beliau ditarik jadi Menhan, ada prediksi beliau akan ditinggal pemilihnya. Ternyata tidak. Prabowo memiliki pemilih loyal. Ini menunjukkan bahwa Prabowo pantas maju di pilpres 2024," kata dia.

Bamsoet menilai, Prabowo masih memiliki kans menjadi calon presiden (Capres) 2024. Kendati beberapa kali gagal, menurutnya mantan Danjen Kopassus tersebut masih punya kesempatan untuk berhasil.

Bamsoet menyinggung Khofifah Indar Parawansa yang beberapa kali gagal tapi akhirnya berhasil terpilih menjadi Gubernur Jatim.

"Apa iya orang yang beberapa kali gagal bisa? Saya kira bisa. Khofifah beberapa kali gagal, tetap bisa," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Prabowo Masih Tinggi

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Gerindra Habiburokhman mengaku tak ingin terburu-buru menanggapi kans Prabowo menjadi capres 2024.

"Kami dari Gerindra tidak mau prematur apa yg terjadi di 2024. Survei ini soal ketepatan. Soal tepatnya pilihan politik Prabowo dan Gerindra yang masuk koalisi," kata dia.

Diberitakan, Survei Cyrus Network menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto masih tertinggi sebagai bakal Capres 2024. Menteri Pertahanan itu menempati peringkat teratas dalam segala macam simulasi dalam survei ini.

"Pada survei ini Prabowo menjadi capres terkuat sementara dalam semua simulasi," ujar CEO Cyrus Network, Eko Dafid Afianto dalam memaparkan survei di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (13/3/2020). 

Dalam jawaban spontan, bahkan Prabowo mengungguli Joko Widodo yang masih disebut namanya oleh publik. Pada simulasi top of mind ini, Prabowo mendapatkan elektabilitas 18,8 pesen.

Diikut Presiden Joko Widodo di 17,6 persen. Kemudian, muncul nama Sandiaga Uno (11,5 persen), Anies Baswedan (8,6 persen), Ganjar Pranowo (5,9 persen), Tri Rismaharini (4,8 persen), Ridwan Kamil (4,3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3 persen), Khofifah Indar Parawansa (2,2 persen) Erick Thohir (1,3 persen) dan lainnya di bawah 1 persen.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.