Sukses

Presiden Jokowi Bakal Tinjau Penanganan Covid-19 di Bandara Soetta

Presiden Jokowi rencananya akan meninjau penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah ruang publik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan meninjau penanganan dan pencegahan virus corona baru atau Covid-19 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Soekarno Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, Jokowi rencananya akan tiba di Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soetta pada pukul 13.30 WIB.

"Kemudian menuju Digital Lounge, mendengar sedikit penanganan dan pencegahan terhadap virus Covid-19 di Bandara Soekarno Hatta," ujarnya.

Lalu, direncanakan juga Presiden Jokowi akan menuju boarding lounge Terminal 3 Internasional dan turun menuju ke area kedatangan Internasional.

Di sana Jokowi akan masuk ke area pengukur suhu tubuh atau thermo scanner dan thermo gun yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Presiden Jokowi akan melihat langsung pelaksanaan penanganan dan pencegahan masuknya virus Covid-19 ke Indonesia, melalui kedatangan internasional. Termasuk ruang atau klinik milik KKP untuk penanganan penumpang yang kedapatan memiliki ciri-ciri dengan Covid-19.

Jokowi rencananya akan didampingi sejumlah menteri di jajaran kabinet, yakni Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, dan Menteri Perhubungan. Juga Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala BNPB, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau proses pembersihan atau sterilisasi Masjid Istiqlal, Jakarta dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona baru (Covid-19). Pembersihan itu dilakukan jelang salat Jumat.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 08.24 WIB, para petugas penyemprot disinfektan menggunakan alat pelindung diri (APD) sudah mulai bersiap untuk mensterilkan masjid dari penyebaran Covid-19.

Mereka terdiri dari 15 petugas Palang Merah Indonesia (PMI), 6 Kesdam Jaya, 6 Gegana Polri, 6 Kodim Jakarta Pusat, 2 KAI DAOPS I.

Presiden Jokowi tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 09.00 WIB. Dia memantau proses sterillisasi dengan jaraknya sekitar 20 meter. Jokowi didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimujono.

Tidak hanya Masjid Istiqlal, rencananya Jokowi juga akan meninjau sterilisasi beberapa lokasi fasilitas umum untuk mencegah penyebaran Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Corona Indonesia terjadi di awal bulan Maret 2020 lalu, dengan kasus dua orang warga Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19.

    Corona Indonesia

  • virus corona