Sukses

Cegah Penyebaran Virus Corona, Stasiun Gambir Bakal Disemprot Berkala Disenfektan

Penyemprotan disenfektan di sejumlah fasilitas publik berdasarkan perintah Presiden Jokowi sebagai bentuk upaya pencegahan penularan virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Tohir, Kepala BNPB Doni Mordano meninjau penyemprotan desinfektan dalam upaya pencegahan penularanan virus Corona atau Covid-19 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, petugas dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) menyemprotkan desinfektan di beberapa titik di Stasiun Gambir. Mulai dari lantai satu, yakni pintu masuk hingga lantai dua arah menuju keberangkatan kereta.

Doni menyatakan, penyemprotan di sejumlah fasilitas publik ini berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan akan terus dilakukan secara berkala. 

Menteri BUMN Erick Tohir, Kepala BNPB Doni Mordano melakukan tinjauan bersama untuk penyemprotan desinfektan dalam upaya pencegahan penularanan virus Corona atau Covid-19 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Foto: Ika Defianti)

"Intinya tidak cukup BNPB, tapi semua harus membersihkan lingkungan sekitar. Jadikan ini kegiatan rutin tiap hari," kata Doni di Stasiun Gambir, Kamis (12/3/2020).

Selain itu, dia juga mengimbau agar seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam membersihkan lingkungan. Sebab kata dia, penularan virus Corona sangat mudah.

"Tetapi bukan berarti kita tidak melakukan antisipasi yang cukup. Oleh karenanya imbauannya untuk menjaga kebersihan untuk mengurangi risiko yang ada, bisa jadi bagian dari mitigasi kita," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Pasien Corona Dinyatakan Sembuh

Sementara itu, tiga orang pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan dinyatakan sembuh dari Corona. Menurut Juru Bicara Penanganan virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, ketiganya sudah menjalani pemeriksaan laboratorium sebanyak dua kali.

Yurianto menambahkan, ketiganya kini telah sembuh dari virus Corona dan tidak membutuhkan perawatan.

"Kami tetap memberikan edukasi. Bahwa setelah kembali ke keluarga, tetap butuh pembatasan diri untuk aktivitas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.