Sukses

Ribuan Batang Rokok dan Tembakau Ilegal Dimusnakan Bea Cukai dan Instansi Terkait

Bea Cukai Madiun memusnahkan rokok dan tembakau ilegal dari hasil 12 operasi di bawah pengawasan Bea Cukai Madiun.

 

Liputan6.com, Jakarta Semua barang hasil tangkapan Bea Cukai Madiun dan Bea Cukai Kualanamu periode 2019 berstatus menjadi barang milik negara (BMN). Barang-barang itu pun dimusnakan di masing-masing instansi terkait. 

Bea Cukai Madiun, pada Rabu (11/3) bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun dan perwakilan Dinas Perdagangan Pemkab Madiun, melakukan pemusnahan ribuan batang rokok ilegal.

Kepala Bea Cukai Madiun, Iwan Hermawan mengungkapkan bahwa barang yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan dari 12 operasi yang dilakukan oleh unit pengawasan Bea Cukai Madiun. Total ada 16.020 batang rokok ilegal dan 9.010 gram tembakau iris yang diamakankan dan dimusnahkan. 

"Ini adalah wujud penatausahaan barang ilegal yang statusnya telah menjadi barang milik negara. KPKNL mendukung sepenuhnya upaya Bea Cukai Madiun dalam memberantas rokok ilegal," ujar Adi Wibowo, Kepala KPKNL Madiun mengakhiri proses pemusnahan.

Selain itu, Bea Cukai Kualanamu bersama Karantina Pertanian Medan sebelumnya juga telah melakukan pemusnahan terhadap barang yang tidak dikuasai, yang terdiri dari barang toko bebas bea yang sudah rusak berupa 8600 batang rokok dan 3 paket durian Musang King asal Malaysia, pada Selasa (25/2).

Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, Elfi Haris menjelaskan bahwa bukan hanya hasil tangkapan yang Bea Cukai musnahkan, ada berbagai macam jenis barang yang menurut peraturannya harus dimusnahkan.

"Semua barang harus dipertanggungjawabkan, termasuk barang yang telah rusak karena waktu, dan ini semua ada dokumentasi serta berita acaranya," ujarnya. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.