Sukses

Meredam Tawuran dengan Sepakbola

<I>Pelajar yang kerap tawuran di jalan, kini digiring ke lapangan. Mereka diadu dalam pertandingan sepakbola</I>

Liputan6.com, Jakarta: Boleh jadi, Euro 2000 punyak kesan tersendiri bagi Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Buktinya, olahraga akbar itu dijadikan jurus untuk meredam tawuran pelajar, yang semakin memprihatinkan itu.

Tingginya angka perkelahian pelajar di Jakarta memang cukup memusingkan kepala. Setidaknya, bagi para pejabat Pemda DKI. Hampir tiap hari ada saja sekelompok pelajar yang bentrok dengan pelajar sekolah lainnya. Bagai seorang Gladiator, pelajar ini tidak sekedar berkelahi, tapi ada juga yang sengaja membunuh pelajar lainnya.

Nah, untuk mengurangi angka tawuran pelajar tersebut, Pemda DKI Jakarta menggelar pertandingan sepakbola antarpelajar. Sekitar empat puluh sekolah, dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Umum, terjaring untuk ikut berkompetisi. Mereka memperebutkan piala Walikota Jakarta Barat.

Menurut Wali Kota Jakarta Barat Sarimun Hadisaputra, pertandingan ini direncanakan digelar secara berkala, minimal dua kali setahun. Selain itu, Pemda DKI Jakarta juga akan menggelar pertandingan tinju antar pelajar. Sekarang ini, peralatan dan tempat pelaksanaan olah raga tinju sedang dipersiapkan. Pihak Pemda DKI akan melibatkan Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional DKI.(ULF/Abbas Yahya dan Ari Trisna)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.