Sukses

Forkoma PMKRI Maklumi Penundaan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Taslim menduga penundaan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia tersebut berkaitan dengan berjangkitnya virus corona yang masif di Italia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar terbaru dari Vatikan bahwa Paus Fransiskus menunda kunjungan kenegaraan dan kunjungan pastoralnya ke Indonesia yang rencananya akan dilakukan pada September 2020.

Kepastian penundaan itu diberitakan majalah katolik Indonesia (hidupkatolik.com) hari ini, yang kemudian dikonfirmasi ulang Ketua Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (Forkoma PMKRI) Hermawi Franzizkus Taslim dari sumber di Roma, yakni Sekretaris Dewan Kepausan Bidang Dialog Antarumat Beragama, Padre Marco.

"Beliau (Padre Marco) membenarkan bahwa beliau baru saja bertemu Dubes RI untuk Vatikan Agustinus Sriyono yang memastikan kabar penundaan kunjungan Paus tersebut," ungkap Taslim dalam keterangan tertulisnya Rabu (11/3/2020).

Taslim menduga penundaan tersebut berkaitan dengan berjangkitnya virus corona yang masif di Italia. "Dan hal ini pasti berdampak langsung dengan Vatikan yang berada di jantung kota Roma," ujarnya.

Masih menurut Taslim, Departemen Luar Negeri Vatikan biasanya menyusun agenda luar negeri Paus sejak awal tahun, dan dengan demikian jadwal Paus Fransiskus untuk ke Indonesia otomatis bergeser. Taslim mengaku belum tahu sampai kapan penundaan kunjungan ini. "Tapi biasanya dalam waktu dekat kita segera mendapat kabar dari otoritas Vatikan," kata Taslim.

Taslim optimistis dalam penyusunan agenda Paus ke depan, Infonesia pasti akan termasuk dalam daftar kunjungan Paus karena Indonesia merupakan salah satu sahabat lama Vatikan yang memiliki pertalian diplomatik yang erat dari masa ke masa. Taslim berharap penundaan ini tidak berlangsung dalam waktu terlalu lama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Menghormati

Taslim yang kerap diundang dalam berbagai forum internasional Vatikan itu menambahkan hubungan diplomatik Indonesia-Vatikan telah berlangsung sejak awal kemerdekaan atas dasar pengertian yang mendalam dan saling menghormati diantara keduanya.

Seperti diketahui bahwa Paus Fransiskus berencana melakukan kunjungan ke Indonesia pada September tahun ini. Selain Jakarta, Paus berencana mengunjungi Ambon, Maluku dan sejumlah wilayah lainnya di Indonesia. "Setelah dari Indonesia, Paus akan melanjutkan perjalanan ke Papua Nugini sebelum bertolak kembali ke Roma," pungkas Taslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.