Formula E Atur Ulang Jadwal Penyelenggaraan Balap Mobil Listrik di Jakarta

Oleh Ika Defianti pada 11 Mar 2020, 14:13 WIB
Diperbarui 11 Mar 2020, 14:13 WIB
Penampakan Aspal Uji Coba Lintasan Formula E di Monas
Perbesar
Contoh aspal lintasan Formula E terlihat di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/2/2020). Aspal untuk sirkuit Formula E di uji coba di Monas, lokasi pengaspalan itu berada di Monas bagian timur. Pengaspalan dilakukan dengan dua metode, sandsheet dan geotextile. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Director of Communication and Sustainability OC Formula E, Felicia Idama mengatakan pihaknya masih membuka kemungkinan adanya jadwal ulang penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E.

Dia menyebut penundaan dari penyelenggaraan Formula E sudah berdasarkan keputusan bersama antara Formula E Operations (FEO) dan ABB FIA Formula E Championship.

"OC akan terus memantau situasi dan bekerja sama dengan FEO untuk melihat kemungkinan penjadwalan ulang nantinya," kata Felicia dalam keterangan tertulis, Rabu (11/3/2020).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto menyebut penundaan penyelenggaraan Formula E merupakan upaya pencegahan dari virus Corona atau Covid-19. 

"Langkah ini kami ambil sebagai upaya preventif terhadap perkembangan COVID- 19 dengan pertimbangan mengutamakan keselamatan masyarakat di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebut adanya resiko besar bila penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E tetap dilakukan pada Juni 2020. Sebab penyelenggaraan itu akan dihadiri wisatawan internasional.

"Risiko yang ada terlalu besar untuk warga Jakarta, bila wisatawan yang datang dari negara memiliki virus Corona," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Dia menyebut penundaan itu dilakukan melalui kesepakatan dengan Formula E Operations (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional. Penundaan ini pun akan diumumkan secara bersamaan. 

"Kami di Jakarta dan Eropa bersama-sama mengumumkan bahwa Formula E bulan Juni tidak dilaksanakan," ucapnya. 

2 dari 3 halaman

Utamakan Keselamatan Warga

Formula E
Perbesar
Suasana balap Formula E 2018/19 putaran 12 yang digelar di Brooklyn Street Circuit, AS, Sabtu (13/7)(AFP/David Dee Delgado)

Anies menyatakan untuk pelaksanaan Formula E akan dibahas nanti. Sebab saat ini, Anies menyebut terpenting yakni keselamatan warga.

"Kita ingin selamatkan warga Jakarta dari ancaman virus," kata Anies. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta penundaan penyelenggaraan balap mobil listrik atau Formula E di Jakarta. Rencananya kegiatan itu berlangsung pada 6 Juni 2020.

Penundaan itu diketahui dari Surat Pemberitahuan dengan Nomor 117/-1.857.73 dan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix pada 9 Maret 2020.

Surat yang ditandatangani oleh Anies tersebut bertuliskan, mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓