Sukses

Tinggal Diumumkan, Nama Calon Wali Kota Solo Sudah Dikantongi PDIP

Soal pengumuman merupakan wewenang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Bambang Wuryanto mengatakan, pihaknya telah memutuskan calon kepala daerah yang bakal diusung pada Pemilihan Wali (Pilwakot) Solo 2020. Meskipun demikian, dirinya enggan menyampaikan siapa yang dipilih.

"Solo sudah selesai. Siapa? Bukan hak saya, Pak Sekjen. Sudah (diputuskan), di depan Bu Ketum, sudah selesai. Sudah kemarin-kemarin," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Dia pun enggan mengungkapkan kapan nama tersebut akan diumumkan PDIP. Sebab hal itu merupakan wewenang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

"Saya kalau soal diumumkan kapan tergantung pada Sekjen dan Bu Ketum," terang Bambang.

Berbeda dengan Solo, dia mengatakan PDIP belum menerbitkan rekomendasi untuk Pilwakot Medan. Diketahui, menantu Presiden Joko Widodo yaitu Bobby Nasution juga melamar ke PDIP untuk diusung di Pilwakot Medan.

Dia menjelaskan, Pilwakot Medan memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Solo. Kerumitan tersebut dikaitkan dengan langkah politik salah satu bakal calon yaitu Bobby Nasution yang melamar ke banyak partai.

"Solo lebih gampang putus karena Solo itu praktis semua yang daftar itu di PDIP, baik Purnomo maupun Gibran," ungkap Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boleh Daftar Banyak Partai

"Jadi, tingkat keruwetannya lebih tinggi di Medan karena Bobby daftar di banyak partai. Boleh saja dia daftar di banyak partai toh, itu akan menyulitkan bagi kita," tandas Bambang.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.