Sambut Surya Paloh di DPP Golkar, Airlangga: Welcome Home

Oleh Liputan6.com pada 09 Mar 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 09 Mar 2020, 13:45 WIB
nasdem
Perbesar
Kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beserta jajaranny di Kantor DPP Golkar disambut Ketua Umum Airlangga Hartarto dan jajarannya, Senin (9/3/2020). (Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Parta NasDem Surya Paloh beserta jajaran pengurus pusat partai menyambangi Kantor DPP Golkar. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari silaturahmi politik NasDem. Rombongan Surya Paloh tiba di Kantor DPP Golkar sekitar pukul 11:00 WIB dengan menumpang bus partai.

Kedatangan mereka disambut Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan jajaran pengurus DPP Golkar. Tampak Wakil Ketua Umum Golkar Azis syamsuddin, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Nurul Arifin. Hadir pula Sekretaris Jenderal Lodewijk F Paulus.

"Welcome home!" ujar Airlangga ketika menyambut Surya Paloh dan rombongan, di Kantor DPP Golkar, Senin (9/3/2020).

Sambutan Airlangga itu beralasan, sebab Surya Paloh merupakan politikus senior yang lama melakoni kiprah politiknya di partai berlambang beringin itu.

"Pak Surya kurang lebih 43 tahun di Partai Golkar. Sehingga untuk DPP yang lebih muda, mungkin umurnya belum 43 tahun," ujar Airlangga.

Dia mengatakan, pertemuan tersebut selaiknya dimaknai sebagai upaya memperkuat soliditas partai koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi. Apalagi di tengah situasi ketidakpastian global yang terjadi.

"Di tengah situasi ketidakpastian global baik itu karena Coronavirus kemudian juga karena berbagai persoalan perdagangan dunia. Ditambah lagi hari ini, turunnya harga minyak yang terburuk sepanjang dekade terakhir," ungkap Airlangga.

"Tentunya Indonesia berada di dalam posisi yang juga tidak kalah penuh tantangan tetapi kami yakin dengan partai-partai koalisi pemerintah apalagi kalau kerja sama Golkar dan NasDem bisa seiring sejalan ini akan memperkuat politik Indonesia untuk menghadapi ketidakpastian," lanjut dia.

Surya Paloh sendiri memaknai pertemuan tersebut sebagai momentum bersejarah. Kunjungan tersebut, tegas dia, tidak bisa hanya dimaknai sebagai silaturahmi biasa antara partai politik.

"Tapi lebih jauh dari pada itu ini juga merupakan kunjungan yang bisa memberikan manfaat di dalam mengatur strategi besar bagi kepentingan bangsa termasuk di dalamnya bagi kepentingan kedua partai politik Golkar maupun NasDem," ujar Surya.

Bersama dia, Surya memboyong seluruh jajaran pengurus pusat NasDem. Hadir pula Sekjen NasDem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika Johhny G Plate dan Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR dan Anggota Majelis Tinggi NasDem.

"Kawan-kawan yang memang dengan hati berbunga-bunga, penuh rasa suka cita ingin bertemu dengan para sahabat, keluarga besar DPP Partai Golkar," kata dia.

2 dari 3 halaman

Komunikasi Makin Intens

Surya mengakui, bahwa sebagian dari pengurus pusat NasDem merupakan alumni Golkar. Salah satunya Ketua Dewan Pertimbangan Siswono Yudo Husodo.

"Jadi sahabat-sahabat lama. Cukup lama kami di Golkar. Dua kali menjadi Menteri di kabinet dari representasi Golkar,"

Kapasitas Siswono sebagai mantan kader Golkar sebelumnya juga diungkapkan oleh Airlangga.

"Pak Siswono, yang selalu menjadi anggota DPR dari Fraksi Golkar. Jadi sesudah pensiun baru ke NasDem," seloroh Menko Perekonomian ini.

Surya mengharapkan, pertemuan tersebut memperkuat kerja sama dan komunikasi antara kedua partai. Dia pun berkelakar bahwa kader NasDem perlu banyak belajar dari Golkar. Namun yang paling penting, dia menegaskan, bahwa kunjungan tersebut membuat komunikasi politik antara kedua partai diharapkan makin intens.

"Dengan perkenalan ini satu yang kita harapkan bersama. Komunikasi batinnya di antara kita harus lebih baik. Harus lebih dekat. Harus lebih kuat," tandas Surya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu/Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓