Sukses

Peringati Hari Perempuan Internasional, PKB Berikan Pelayanan Pap Smear Gratis

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menilai, perempuan harus selalu dimuliakan dengan cara memberi perlindungan, baik secara sosial, kultural, politik, maupun fisik.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) memberikan pelayanan pemeriksaan pap smear gratis untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Minggu (8/3/2020).

Dalam sambutannya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan, memuliakan perempuan merupakan tugas pribadi dan politiknya.

"Ibu saya perempuan. Istri saya perempuan. Anak saya tiga perempuan semua. Hidup saya dikelilingi perempuan. Memuliakan mereka ya jadi tugas pribadi dan politik," ujar Cak Imin, seperti dilansir Antara.

Menurutnya, perempuan harus selalu dimuliakan dengan cara memberi perlindungan, baik secara sosial, kultural, politik, maupun fisik.

Cak Imin menilai, negara harus hadir untuk mengambil tanggung jawab tersebut karena itu adalah salah satu cita-cita reformasi.

Meski begitu, ia menegaskan hal tersebut bukan berarti perlindungan diberikan karena perempuan lebih lemah.

"Kalau melihat kesulitan-kesulitan yang selama ini bisa dijalankan perempuan, enggak heran sebetulnya perempuan lebih tangguh," ucap Cak Imin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen PKB

Menurut Cak Imin, melindungi perempuan berarti melindungi kesejahteraan. Karena, kata dia, kesejahteraan akan benar-benar nyata dan dapat dirasakan oleh rakyat apabila perempuan senantiasa merasa terlindungi.

"Untuk itu, PKB berkomitmen melakukan pemuliaan itu melalui serangkaian kegiatan," tegas Cak Imin.

Selain pengecekan pap smear gratis, acara tersebut juga diisi imbauan kesehatan lain seperti dialog antisipasi virus corona.

Pap smear atau pemeriksaan apusan lendir rahim merupakan bentuk pencegahan sekunder atau deteksi dini kanker serviks selain tes IVA. Sementara pencegahan primernya adalah vaksinasi HPV.

Adapun alasan menggelar pemeriksaan pap smear dan imbauan kesehatan secara gratis adalah untuk meminimalisir risiko penyakit menular kronis di seluruh Indonesia. Apalagi, penyakit kronis tidak mengenal kelas sosial, lokasi geografis dan jenis kelamin.

Acara itu dihadiri ratusan peserta perempuan mulai dari pekerja hingga ibu rumah tangga.

Turut hadir dalam acara tersebut Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita dan Ketua DPP PKB Bidang Ketenagakerjaan dan Migran, Dita Indah Sari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.