Sukses

Nurmanyah Lubis Janji Maksimalkan Anggaran Banjir Jika Jadi Wagub DKI

Nurmansyah menyatakan, jika terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, hingga akhir periode nanti anggaran akan diprioritaskan untuk mencegah banjir.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta usungan PKS, Nurmansyah Lubis, mengaku akan memprioritaskan anggaran dalam beberapa bidang, salah satunya adalah banjir. Menurut dia, banjir merupakan maslah utama yang dihadapi Jakarta selain sampah dan macet.

"Mau tak mau politik anggaran harus terikat dengan hal itu. Apalagi sangat ekstrem kita alami banjir," ujar Nurmansyah, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Menurut dia, jika terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta, hingga akhir periode nanti anggaran akan diprioritaskan untuk mencegah banjir. "Yang namanya banjir itu menjadi perioritas," ucapnya.

Nurmansyah menjelaskan, saat ini anggaran penanganan banjir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak sedikit. Ia menjabarkan anggaran ada Rp 2,5 triun. Rp 1 triliun tersebar di setiap suku dinas.

"Bayangkan itu anggaran longgar banget kalau dioptimalkan. Nomenklaturnya apa? Perbaikan berkala, perbaikan berkala mau ngapain terserah dia. Nah kalau itu gak diawasin," ucapnya.

Jika optimal, kata dia, anggaran sebesar itu sudah cukup untuk bisa menanggulangi banjir di Jakarta.

"Di sini naturalisasi saja Rp 250 miliar, pemeliharaan waduk Rp 500 miliar, beli tanah Rp 600 miliar ya. Jadi di tingkat dinas SDA aja Rp 1,4 triliun. Sedangkan Rp 1 triliun di Sudin," tukas Nurmansyah Lubis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.