Sukses

Bertemu Mendagri, Para Bupati Ungkap Jurus Redam Kepanikan Masyarakat Hadapi Corona

Apkasi sepakat menghindari penggunaan istilah “Crisis Center” dalam masalah corona, melainkan lebih memilih pembentukan Pusat Informasi di daerah-daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bertemu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas sejumlah permasalahan di daerah. Salah satu pembahasan serius adalah penanganan virus corona.

Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas mengatakan, berdasarkan analisis Kementerian Kesehatan, saat ini penyebaran virus corona memasuki gelombang kedua (second wave), ditandai dengan penyebaran ke negara-negara lain di luar Tiongkok, termasuk Indonesia. Gejala klinis orang yang terjangkit virus bernama Covid-19 itu juga disebut semakin ringan, bahkan tidak bergejala atau asimtomatis.

“Memasuki gelombang kedua penyebaran corona, sesuai arahan Presiden Jokowi, semua stakeholder di tingkat kabupaten diharapkan tidak panik dan jangan membuat masyarakat panik,” ujar Anas seusai menghadap Mendagri di kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Turut hadir Sekjen Apkasi Najmul Akhyar (Bupati Lombok Utara), Bendahara Apkasi Christiany Eugene Paruntu (bupati Minahasa Selatan), Wakil Ketua Umum Apkasi Sutan Riska (bupati Dharmasraya), dan Ketua Bidang Kerja Sama Antarlembaga Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang).

Anas menambahkan, Mendagri Tito juga meminta seluruh bupati agar bisa meredam kepanikan masyarakat. Apkasi sepakat menghindari penggunaan istilah “Crisis Center”, melainkan lebih memilih pembentukan Pusat Informasi di daerah-daerah.

“Sesuai arahan Pak Mendagri, para bupati juga sudah mengumpulkan seluruh unit kesehatan di daerah, termasuk Puskesmas dan kader-kader kesehatan Posyandu, untuk secara sistematis memberikan informasi yang tepat terkait korona. Karena banyak sekali hoax terkait virus ini,” ujar bupati Banyuwangi tersebut.

Para bupati juga akan menggencarkan aksi promosi dan preventif dengan mengampanyekan gaya hidup sehat, termasuk menggiatkan konsumsi tanaman herbal Nusantara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Selain aktif melakukan penyuluhan kesehatan, sejumlah cara seperti menyebarkan video dari Presiden Jokowi dilakukan ke berbagai grup perbincangan di daerah, karena rakyat di bawah lebih tenang kalau Pak Jokowi yang langsung bicara,” ujar Anas.

Di video tersebut, Presiden Jokowi meminta masyarakat jangan panik dan takut, karena virus corona bisa disembuhkan. Sudah puluhan ribu pasien sembuh dari corona. Musuh kita bukanlah virus itu sendiri, tapi rasa panik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Sakit Rujukan

Sekjen Apkasi Najmul Akhyar menambahkan, terkait rumah sakit rujukan, Apkasi memastikan RS yang menjadi milik pemerintah kabupaten telah siap karena sebelumnya mereka juga berpengalaman menjadi rujukan saat terjadi penyebaran virus SARS dan MERS beberapa waktu lalu.

“Ada sekitar 100 RS rujukan di seluruh Indonesia, di antaranya memang RS milik pemerintah kabupaten. Para bupati sudah mengontrol langsung untuk memastikan kesiapan, dengan arahan Kementerian Kesehatan,” jelas Najmul Akhyar.

Pemerintah kabupaten juga siap mendukung pemerintah pusat melakukan surveillance tracking apabila ada kasus positif lain. “Pemerintah kabupaten pasti akan bekerja sesuai protokol yang ada, dengan arahan Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.