Lindungi Sektor Pariwisata, Pemerintah Beri Stimulus Tarif Pesawat

Oleh Gilar Ramdhani pada 05 Mar 2020, 17:57 WIB
Diperbarui 05 Mar 2020, 17:57 WIB
Ilustrasi tiket pesawat

Liputan6.com, Jakarta Dampak wabah virus corona atau Covid 19 berdampak pada setiap sektor. Salah satunya adalah sektor pariwisata dan industri penerbangan di Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah memutuskan memberikan stimulus berupa insentif transportasi kepariwisataan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto menyampaikan bahwa stimulus yang diberikan oleh pemerintah ditujukan untuk meningkatkan sektor pariwisata nasional dengan meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata di Indonesia terutama ke wilayah destinasi prioritas.

"Stimulus ini berupa insentif yang diberikan terhadap tarif penerbangan menuju ke daerah pariwisata yaitu Batam, Denpasar, Yogyakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Toba(Silangit), Tanjung Pandan dan Tanjung Pinang selama tiga bulan," kata Novie beberapa waktu lalu. 

 

2 dari 3 halaman

Bulan Maret - Mei 2020

Nantinya penumpang akan menikmati diskon antara 40-50% dari tarif riil yang berlaku untuk 25 persen dari total kursi yang tersedia dari tiap penerbangan. Untuk sementara akan diberlakukan selama low season yaitu dari bulan Maret sampai dengan Mei 2020.

Kemenhub akan terus bekerja sama dengan kementerian lembaga lainnya untuk mensukseskan program pemerintah dalam rangka menjadikan pariwisata Indonesia diminati oleh warga negara Indonesia (Wisnus) dan warga negara asing (Wisman).

"Kami akan terus memastikan untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa transportasi udara dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan," tutupnya.

 

3 dari 3 halaman

Diskon Tiket Garuda Indonesia

Garuda Indonesia memastikan akan memberikan diskon tiket pesawat selama tiga bulan ke 10 destinasi wisata. Hal ini sesuai dengan keputusan pemerintah dalam memberikan stimulus sektor penerbangan demi mendatangkan wisatawan.

Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia Dony Oskaria menuturkan pihaknya akan menyediakan sebanyak 25 persen seat tiap penerbangan menuju ke 10 tujuan wisata. 10 tujuan itu yaitu Denpasar, Batam, Jogja, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang

"Jumlah seat 25 persen kurang lebih sama dengan 40 kursi yang kami (Garuda Indonesia) siapkan per penerbangan. Jadi seluruhnya tiap bulan sebanyak 65.700 seat," katanya di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu (29/2/2020).

"Kami akan berpartisipasi aktif, tidak hanya terlibat langsung dengan menurunkan harga sesuai dengan yang disubsidi oleh pemerintah, tetapi kami juga akan membantu untuk menempelkan program tersebut di seluruh cabang kami," dia melanjutkan.

Lanjutkan Membaca ↓