Sukses

Program WBTKM, Bentuk Komitmen Kemnaker Cetak Pengusaha Mandiri

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong masyarakat mengembangkan diri menjadi seorang enterpreneurship atau wirausahawan.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong masyarakat mengembangkan diri menjadi seorang enterpreneurship atau wirausahawan. Salah satu program berbasis pada kompetensi SDM, yakni dengan cara menciptakan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (WBTKM).

"Melalui WBTKM diharapkan mempu mencetak pengusaha ”pemula” dan mandiri sehingga dapat mendorong munculnya kegiatan ekonomi baru yang dapat memberikan nilai tambah untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional," kata Menaker Ida Fauziyah saat memberikan sambutan Rapat Kordinasi Perluasan Kesempatan Kerja (PKK) Ditjen Binapenta dan PKK 2020, di Jakarta, Selasa (3/3/2020) malam.

Menaker Ida menjelaskan program WBTKM memfasilitasi kaum muda yang memiliki minat berwirausaha dengan menyediakan teknologi untuk mendorong kreativitas kaum muda dalam rangka mendukung industri kreatif. Selain itu, Kemnaker memberikan bantuan sarana usaha agar pengetahuan yang diterima masyarakat dapat diimplementasi menjadi suatu produk  berkualitas baik dan memiliki daya saing.

"Diharapkan usaha rintisan binaan Kemnaker dapat menjadi pencipta lapangan kerja baru dan kekuatan perekonomian di daerah," katanya.

Menaker Ida mengatakan adanya belanja online yang makin meningkat membuat persaingan menjadi lebih terbuka dan adil. Bahkan saat ini, gerai tradisional tak mau ketinggalan dengan membuka toko online

"Kami yakin akan semakin banyak angka wirausaha muda di Indonesia. Terbukti berbagai platform wirausaha online atau startup business hasil karya anak bangsa berkembang pesat dan berhasil menjadi unicorn perekonomian Indonesia," kata Menaker Ida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rasio Kewirausahaan

Fenomena tersebut kata Menaker Ida, mendorong pesatnya pertumbuhan wirausaha di tanah air. Rilis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengungkapkan rasio wirausaha tahun 2016 mencapai 3,1 persen, atau meningkat dari rasio sebelumnya 1,67 persen. Artinya, rasio kewirausahaan Indonesia sudah melampui batas minimal rasio kewirausahaan sebuah negara, yakni 2 persen.

“Dalam kurun waktu dua tahun dapat dicapai rasio kewirausahaan 3,1 persen dan diharapkan tahun depan naik menjadi 4 persen. Target itu akan tercapai dengan kerja sama semua pihak, pemerintah pusat, pemda, kampus dan mahasiswa, BUMN dan pihak lainnya, " kata Menaker Ida seraya menyebut mahasiswa kampus merupakan sasaran paling potensial untuk menumbuhkan kewirausahaan.

"Kami mohon para kepala daerah bersama Kemnaker untuk menekan tingkat pengangguran yang ada di daerah dengan Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja, "katanya. 

Sedangkan Plt. Dirjen Binapenta & PKK, Aris Wahyudi mengatakan maksud dan tujuan Rakor PKK Ditjen Binapenta & PKK Tahun 2020 adalah untuk mensinergikan program perluasan kesempatan kerja di Ditjen Binapenta dan PKK dengan pemerintah daerah.

"Adapun sasaran Rakor adalah pemerintah daerah, dalam hal ini BAppeda dan dinas yang menangani ketenagakerjaan di Provinsi/Kabupaten/Kota, " ujarnya.

Pembukaan Rakornas dihadiri oleh Bupati Tegal Umi Azizah dan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz  selaku pembicara; Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono; Kabarenbang Tri Retno Isnaningsih; Plt Dirjen Binapenta & PKK, Aris Wahyudi dan Plt. Dirjen Binwasnaker & K3, Iswandi Hari, diikuti oleh 250 Satker. Terdiri dari 34 peserta dari Disnaker Provinsi; Disnaker Kabupaten/Kota (116) dan Bappeda Kabupaten/Kota (100).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini