Sukses

WNI ABK Diamond Princess Diberi Disinfektan Sebelum Naik Bus ke Indramayu

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan selain mengevakuasi, kendaraan yang ditumpangi WNI ABK Diamond Princess akan disterilisiasi.

Liputan6.com, Majalengka - Pesawat pembawa 69 WNI ABK Diamond Princess telah tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, Minggu (1/3/2020) pukul 23.00 WIB dengan selamat.

Petugas dan tim medis langsung menyebar membentuk formasi sesuai dengan SOP kementerian kesehatan. Pantauan di lokasi, satu per satu terlihat petugas sedang memberikan disinfeksi kepada WNI.

Lima mobil bus terlihat mengelilingi pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A-330. Sebelum masuk ke bus, para WNI ABK Diamond Princess tersebut diberi semprotan disinfektan oleh tim medis.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyatakan selain mengevakuasi, kendaraan yang ditumpangi WNI ABK Diamond Princess akan disterilisiasi.

"Turun dari pesawat kemudian pesawatnya diberikan disinfektan, turun dari Bis juga diberi disinfektan. Begitu juga perlakuannya di dalam kapal," kata dia, Minggu (1/3/2020).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diperiksa Kembali

Dia mengatakan, proses pemeriksaan kesehatan baik WNI di kapal Diamond Princess maupun kru sangat detil. Tindakan kehati-hatian menjadi moto utama pemerintah.

Terawan menyatakan, WNI Kapal Diamond Princess akan diperiksa kembali meski sudah mendapat sertifikat sehat dari Jepang.

"Sesuai prosedur yang kita buat dan sepakati," lanjut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.