Sukses

Penataan di 4 Stasiun, Ada Titik Naik-Turun Khusus Ojek Online dan Pangkalan

Di Stasiun Tanah Abang rencananya penurunan dan pengambilan penumpang ojek online disediakan di depan hall bawah stasiun arah Jalan Jatibaru.

Liputan6.com, Jakarta - Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah menyatakan, pihaknya akan memberikan lokasi khusus untuk ojek online (ojol) dan pangkalan di empat penataan stasiun di Jakarta. Stasiun tersebut yakni Juanda, Senen, Sudirman, dan Tanah Abang.

Dia menyebut hal tersebut guna memberikan kemudahan transportasi serta mengedepankan kepentingan. Khususnya para pengguna KRL commuterline ataupun kereta jarak jauh.

"Pengguna di empat stasiun tersebut dapat dengan mudah untuk menjangkau moda transportasi lanjutannya lainnya. Seperti MRT, Transjakarta hingga angkutan lain seperti bajaj, ojek online dan pangkalan serta angkutan perkotaan," kata Dadan dalam keterangan tertulis, Minggu (1/3/2020).

Dia menjelaskan di Stasiun Tanah Abang rencananya penurunan dan pengambilan penumpang ojol disediakan di depan hall bawah stasiun arah Jalan Jatibaru. Itu bersamaan dengan area parkir sementara ojek pangkalan hingga tempat pemberhentian bajaj.

"Lalu plaza pedestrian untuk pejalan kaki, halte Bus Transjakarta sebagai fasilitas integrasi, serta perlengkapan transit," ucap Dadan.

Untuk Stasiun Sudirman, kata dia, saat ini area ojol masih dilakukan penataan bersama Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT. Sebab kawasan stasiun akan dilakukan penataan ulang untuk jalur keluar masuk penumpang serta serta perpanjangan area hall.

"Dengan mengarahkan penumpang lebih mudah menuju area pedestrian yang akan mengarah ke moda lanjutan," ujar dia.

Kemudian, Stasiun Pasar Senen rencananya juga menyediakan area khusus ojol. Selain itu flow keluar masuk penumpang juga akan ada perubahan.

Selanjutnya yakni Stasiun Juanda akan menyedikan lahan khusus ojol dan ojek pangkalan yang sebelumnya terpusat di kawasan ruko arah Masjid Istiqlal. "Selanjutnya akan direlokasi ke lahan bawah jalur rel layang Stasiun Juanda arah utara atau arah Jakarta Kota," jelas Dadan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penataan

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo menuturkan penataan ini mencakup kenyamanan dan keamanan pengguna transportasi, termasuk jaminan bisnis bagi ojek online (Ojol), ojek pangkalan, dan pedagang kaki lima agar tetap aman.

Syafrin mengatakan, pengerjaan proyek penataan stasiun secara fisik sudah dilakukan sejak 21 Januari 2020 dan ditargetkan selesai akhir Maret 2020.

"Proyek ini merupakan langkah awal perwujudan penyelenggaraan transportasi terintegrasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta," ujar Syafrin, Rabu (26/2/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.