Kapolda Papua: KKB Kali Kabur Dipimpin Joni Botak

Oleh Liputan6.com pada 01 Mar 2020, 03:27 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 03:27 WIB
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw
Perbesar
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memantau dampak kerusuhan Wamena. (Liputan6.com/ Istimewa/ Katharina Janur)

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, KKB yang melakukan kontak tembak dengan tim penegakan hukum di Jipabera, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Jumat (28/2/2020) dipimpin Joni Botak.

Dari laporan yang diterima, kontak tembak yang berlangsung sekitar dua jam itu menyebabkan satu anggota Brimob meninggal dunia, yakni Bharada Doni Priyanto, akibat luka tembak yang dideritanya.

"Memang benar Bharada Doni Priyanto meninggal Sabtu dinihari akibat luka tembak," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada Antara, Sabtu (29/2/2020).

Mantan Kapolda Sumut itu mengatakan, kelompok Joni Botak memang beroperasi di sekitar Kali Kabur, Tembagapura.

Jenazah Bharada Doni saat ini sudah dievakuasi ke Timika dan dijadwalkan Minggu (1/3/2020) diterbangkan ke Jakarta untuk dimakamkan. Almarhum Bharada Doni merupakan anggota Brimob Kelapa Dua Jakarta.

2 dari 3 halaman

Menyerahkan Diri

Ketika ditanya apakah kelompok Joni Botak yang sempat menyandera tiga guru kontrak, Kapolda Papua mengaku kemungkinan besar pelakunya kelompok tersebut.

"Anggota akan terus melakukan penegakan hukum terhadap anggota KKB sehingga diharapkan mereka mau menyerahkan diri," tegas Irjen Pol Waterpauw.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓