Kelompok Kriminal Bersenjata Adang Kendaraan TNI di Arso Timur, Papua

Oleh Liputan6.com pada 29 Feb 2020, 20:20 WIB
Diperbarui 29 Feb 2020, 20:20 WIB
Kapendam Bantah Dua Anggota TNI Tewas, Hanya Terluka Ditikam KKSB
Perbesar
Ilustrasi kelompok kriminal bersenjata KKB Papua. Ilustrasi: Kriminologi

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengadang kendaraan milik TNI di Arso Timur, Papua, Sabtu (29/2/2020) pagi. Danrem 172 PWY Kol Inf Binsar Sianipar menduga kelompok itu pimpinan Jefri Pagawak.

"Kami menduga pelaku penghadangan terhadap kendaraan milik Kodim 1701 Jayapura dipimpin Jefri Pagawak," kata Sianipar di Jayapura, Papua, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, sebelumnya, kelompok tersebut juga mengadang anggota Satgas Pamtas dari Yonif 713/ST, akhir Desember 2019 lalu. Pada peristiwa itu, satu prajuritnya gugur.

"Memang benar lokasi pengadangan yang dilakukan kelompok tersebut sama yakni di kawasan Arso Timur di mana lokasi itu tidak ada perkampungan dan kalau dari Kampung Kibey jalannya menanjak," ujar Sianipar.

Dia mengatakan, posisi itulah yang digunakan kelompok KKB di Papua itu mengadang dan menyerang TNI. Mereka menembak prajurit dari ketinggian.

 

2 dari 3 halaman

Beranggotakan 6 Orang

Setelah menembak, mereka langsung melarikan diri ke perbatasan. Dia mengatakan, dari laporan yang diterima, terungkap saat pengadangan kelompok tersebut beranggotakan enam orang.

Mereka membawa dua pucuk senjata api yakni M 16 dan double loop serta senjata tajam seperti parang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓