Sukses

Menlu: 2 WNI Kru Kapal Diamond Princess Menolak Ikut Pulang

Total seluruh kru atau ABK kapal pesiar Diamond Princess seharusnya ada 70 orang, yang sudah terbukti negatif Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pastikan dua kru atau ABK Kapal Pesiar Diamond Princess tidak mau dievakuasi atau dijemput oleh tim yang dikirim pemerintah Indonesia hari ini, Jumat (28/2/2020). 

Total seluruh kru atau ABK kapal pesiar Diamond Princess seharusnya ada 70 orang, yang sudah terbukti negatif Virus Corona.

"Namun, dua Warga Negara Indonesia (WNI) kru dari kapal pesiar, mereka ingin melanjutkan pekerjaan, sehingga tidak ikut pulang dengan 68 WNI lainnya," tutur Menlu Retno di ruang VIP Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Retno juga memastikan, dua orang yang ikut bekerja kembali di kapal pesiar tersebut memang sehat dan tidak terpapar Virus Corona sama sekali. Meski begitu pemerintah Indonesia akan terus memantau perkembangan WNI di Jepang.

Nantinya, di Yokohama, tim relawan tersebut akan menjemput ke-68 WNI yang merupakan kru dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulang 1 Maret 2020

Sebelum diperbolehkan pulang ke Indonesia, di Jepang mereka sudah menjalani serangkaian tes kesehatan atau PCI. Dan hasilnya, 70 WNI tersebut negatif terjangkit Virus Corona.

Kemudian, para penjemput akan kembali ke Indonesia pada 1 Maret 2020. "Dijadwalkan berangkat pukul 18.00 waktu setempat dan sampai di Indonesia pada hari yang sama tengah malam," ujar Menlu Retno. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.