Sukses

Heboh Foto Pesawat Baru Kepresidenan di Media Sosial, Ini Kata Istana

Beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan pesawat kepresidenan yang baru. Pesawat tipe Boeing 777-300 ER ini dicat dengan warna putih dan di badan pesawat tertulis 'Republik Indonesia'.

Liputan6.com, Jakarta Beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan pesawat kepresidenan yang baru. Pesawat tipe Boeing 777-300 ER ini dicat dengan warna putih dan di badan pesawat tertulis 'Republik Indonesia'.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno pun angkat bicara terkait foto pesawat kepresidenan yang heboh di media sosial. Dia membantah adanya pembelian pesawat yang memiliki logo 'Garuda Indonesia' itu.

"Ya enggak, yang jelas tidak ada pembelian," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Kendati begitu, dia mengakui bahwa ada rencana dari Istana untuk menyewa pesawat tersebut apabila Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke suatu negara yang jarak tempuhnya cukup jauh. Pasalnya, pesawat kepresidenan saat ini tidak bisa menempuh jarak jauh.

"Enggak, enggak, ya nanti kalau ada perjalanan jauh kemungkinan kita baru (sewa)," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transit

Pesawat kepresidenan saat ini diketahui berjenis Boeing Bussines Jet (BBJ) 2 tipe 737-800. Apabila melakukan perjalanan jauh seperti Amerika Serikat, pesawat itu harus melakukan transit terlebih dahulu.

"Jadi transit itu kan mahal banget," kata Pratikno.

Namun, dia pun menegaskan bahwa hingga kini belum ada transaksi untuk menyewa pesawat tersebut. Transaksi baru akan dilakukan apabila Jokowi melakukan kunjungan kerja ke luar negeri yang jaraknya jauh.

"Loh kita belum ada rencana pergi kok. Nanti kalau sudah pergi nah itu (baru disewa)," jelas Pratikno.

Adapun foto pesawat kepresidenan baru diunggah akun Instagram @avia.pedia. Meski unggahan itu sudah dihapusnya, foto pesawat itu sudah terlanjur tersebar di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pesawat kepresidenan merupakan transportasi yang digunakan pemimpin suatu negara, untuk menuju ke berbagai daerah dan negara.

    pesawat kepresidenan

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia

    Garuda Indonesia