Sukses

Korsel Darurat Corona, Pemerintah Buka Pos untuk WNI di Daegu

Penyebaran virus Corona di Korea Selatan bermula karena seorang wanita berusia 61 tahun atau yang disebut tenaga media 'Pasien 31.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah membuka pos Alternatif Jalur Utama (AJU) bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Korea Selatan. Pos berjarak 53 kilometer dari pusat kota Daegu ini dibuka menyusul semakin mewabahnya virus Corona di Korea Selatan.

"Di Korsel tim kita yang ada di Seoul sudah membuka pos Aju sekitar 53 km dari Kota Daegu," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.

Daegu, yang merupakan kota keempat terbesar di Korea Selatan, diketahui menjadi pusat penyebaran virus Corona di negeri gingseng itu. Sehingga, pemerintah membuka pos untuk memudahkan evakuasi jika sewaktu-waktu penyebaran virus Corona di Daegu semakin meluas.

"Untuk mengantisipasi kalau situasi di kota tersebut menjadi semakin harus menjadi perhatian karena jumlah warga negara kita di wilayah tersebut cukup banyak," ujar Retno.

Penyebaran virus Corona di Korea Selatan bermula karena seorang wanita berusia 61 tahun atau yang disebut tenaga media 'Pasien 31. Dia sempat memeriksakan diri ke rumah sakit daerah.

Namun setelah dinyatakan memiliki gejala mirip dengan virus Corona COVID-19 oleh rumah sakit tersebut, wanita ini dirujuk untuk menuju ke rumah sakit yang lebih besar agar mendapatkan penanganan.

Akan tetapi ia abai terhadap hal tersebut, dengan dalih ia belum pernah bepergian ke luar negeri. Ia pun kemudian beraktivitas seperti biasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infeksi 37 Orang

Wanita yang disebut superspreader ini kemudian menginfeksi setidaknya 37 orang di gereja yang biasa ia kunjungi dengan virus Corona baru. Sejumlah jemaah lain di gereja itu juga menunjukkan gejala penyakit, yang disebut COVID-19 tersebut.

Usai adanya penyebaran virus yang masif dari wanita paruh baya ini, pemerintah setempat menutup banyak fasilitas umum agar virus tak semakin menyebar. Kini kota Daegu yang mendapat predikat sebagai kota seni, menjadi sepi bak kota hantu.

Hingga kini, jumlah orang yang terinfeksi virus Corona di Korsel mencapai 1.595 kasus. Korban meninggal akibat Corona di Korsel mencapai tujuh orang. Hal ini membuat Korsel menjadi negara kedua dengan kasus virus Corona terbanyak setelah China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.