Sukses

Bendahara Fraksi PAN Terpilih Jadi Ketua Panlih Cawagub DKI

Wakil Ketua Panlih diisi Ketua Fraksi Golkar Basri Baco dengan 7 anggota panlih serta 1 Sekretaris DPRD.

Liputan6.com, Jakarta - Bendahara Fraksi PAN di DPRD DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah terpilih menjadi Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur DKI. Penetapan Farazandi sebagai ketua, tercatat dalam surat keputusan Ketua DPRD Prasetyo Edi yang telah ditandatangani.

Dokumen yang diterima merdeka.com, Jumat (28/2/2020) pagi juga tercatat Wakil Ketua Panlih diisi oleh Ketua Fraksi Golkar, Basri Baco. Sedangkan anggota panlih terdiri dari 7 anggota dan 1 Sekretaris DPRD.

Tujuh anggota panlih yaitu Ketua Fraksi Demokrat Desie Christhyana Sari, Sekretaris Fraksi PDIP Dwi Rio Sambodo, Wakil Ketua Fraksi Gerindra S Andyka, Sekretaris Fraksi PKS Achmad Yani, anggota Fraksi PSI Eneng Malianasari, anggota Fraksi NasDem Muhammad idris, dan Ketua Fraksi PKB Yusuf. Dari 7 anggota panlih, kemudian ditambah 1 Sekretaris DPRD

Tugas panlih nantinya menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas serta efisiensi dalam proses pemilihan cawagub. Selain itu, panlih juga bertugas untuk meneliti kelengkapan berkas cawagub.

Dalam surat keputusan itu juga menyatakan masa kerja panlih paling lama yaitu 30 hari sejak surat ditetapkan. Masa kerja bisa diperpanjang atas persetujuan Pimpinan DPRD.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Syarif mengungkap ketertarikan Fraksi Demokrat menjadi Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur DKI Jakarta. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi Demokrat Misan Samsuri

"Iya. Kemarin saya disampaikan Haji Misan bagaimana kalau Demokrat," ujar Syarif di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Misan beralasan, Demokrat tidak memiliki kepentingan dengan siapa pun. Syarif pun mengakui bahwa Demokrat kerap menjadi partai tengah atau penyeimbang dari koalisi di DPRD DKI.

"Karena tidak punya kepentingan dengan siapa pun dan secara konstelasi memang mereka disebut penyeimbang dari koalisi," ucap Syarif.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terpilih Awal Maret

Diberitakan, DPRD DKI Jakarta tinggal membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) dalam proses pemilihan Cawagub DKI. Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Basri Baco menyebut awal Maret wagub baru sudah terpilih.

"Tinggal bentuk Panlih, awal Maret sudah kepilih lah wagub," kata Basri saat dikonfirmasi, Kamis (20/2/2020).

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.