Sukses

Bank DKI Bakal Ikut Danai Pembangunan MRT Rute Ujung Menteng-Kalideres

Pembangunan jalur MRT Jakarta fase III yakni rute Ujung Menteng-Kalideres akan melibatkan PT Bank DKI dalam hal pendanaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan jalur MRT Jakarta fase III yakni rute Ujung Menteng-Kalideres akan melibatkan PT Bank DKI dalam hal pendanaan. Selain itu dalam pendanaan itu juga akan menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) lain.

"Dana investasi tersebut akan dihitung berdasarkan kebutuhan dana yang dibutuhkan MRT dan kesiapan BPD. PT MRT Jakarta juga akan memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Fase III," kata Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2/2020).

Dia menyebut pendanaan ini merupakan bentuk kolaborasi antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta. Seperti halnya dengan BUMD lainnya PT LRT Jakarta dan PT Transjakarta dalam hal transaksi non-tunai kepada penumpang.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat menyatakan kerjasama dengan Bank DKI sudah di mulai dalam pengelolaan administrasi keuangan di MRT Jakarta.

"Terdapat empat bentuk rintisan kerja sama di antaranya payroll system, operational financing, fund placement dan kesejahteraan lainnya," jelasnya.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Sepanjang 31,7 Kilometer

Rute Kalideres-Ujung Menteng merupakan bagian dari koridor Timur-Barat yang terbentang dari Balaraja hingga Cikarang sepanjang 31,7 kilometer. Dalam tahap awal, MRT Jakarta akan fokus pada rute di dalam kota.

Jika Pemprov DKI setuju, pembangunan koridor Timur-Barat inner Jakarta akan dibagi menjadi dua tahapan, yaitu stage I Kalideres-Cempaka Baru sepanjang 20,1 km dan stage II Cempaka Baru-Ujung Menteng 11,6 km.

Lantaran besarnya dana yang dibutuhkan, MRT Jakarta mengaku skema pembiayaan koridor Timur-Barat tidak bisa menggunakan strategi pinjaman antarpemerintah (G to G) seperti koridor Utara-Selatan Fase I dan II.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan MRT Jakarta fase pertama dengan rute Stasiun Bundaran HI - Stasiun Lebak Bulus pada Minggu (24/3/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Bank DKI merupakan salah satu bank di Indonesia yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta.

    Bank DKI