Jokowi Janji Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet

Oleh Liputan6.com pada 27 Feb 2020, 13:23 WIB
Diperbarui 27 Feb 2020, 13:33 WIB
Menteri LHK dan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memastikan ibu kota baru, Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara akan bebas banjir dan jadi kota hijau. Selain itu, kawasan itu juga akan bebas dari macet.

"Ibu kota yang hijau. Tidak banjir dan tidak macet karena dimulai dengan tata ruang yang baik. Green city, smart city, compact city," kata Jokowi di acara Indonesia Digital Economy Summit 2020, Hotel Ritz Calton, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Dia menjelaskan, nantinya di ibu kota baru harus menggunakan mobil elektrik. Dan menggunakan energi terbarukan.

"Banyak pedestrian, orang berjalan kaki, banyak orang bersepeda, mobil harus elektrik dan pada lompatan berikut autonomous, penggunaan energi yang baru terbarukan," ungkap Jokowi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan membangun bandara internasional baru di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) atau Ibu Kota Baru di Kalimantan. Pembangunan ini menunjang kawasan IKN. Bandara bertaraf internasional tersebut direncanakan bakal dibangun pada 2021 mendatang.

"Iya, ada bandara baru. Titiknya kurang lebih 15 Km dari pusat kota. Mestinya akhir 2021 dibangun," ujar Menhub saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (26/2).

Bandara tersebut bakal dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Sementara, saat ini di sekitaran kawasan IKN sendiri sudah ada 2 bandara yang dibangun, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan dan Bandara Samarinda Baru milik Kementerian Perhubungan di Samarinda.

Menhub juga menambahkan, 3 bandara ini (ditambah dengan bandara baru yang akan dibangun) akan dikelola oleh 1 operator. Hal ini dilakukan untuk menarik minat investor serta meminimalkan penggunaan APBN.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓