Sukses

Anies Tak Hadir Rapat di DPR Bahas Banjir, Gerindra Bandingkan dengan Jokowi

Sudewo menilai sikap Jokowi saat menjadi Gubernur DKI lebih baik dari Anies karena hadir saat DPR mengundangnya dalam pembahasan banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Ketidakhadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten menjadi sorotan dalam rapat penanganan banjir di DPR. Sejumlah anggota DPR memprotes absennya para gubernur dalam pertemuan itu.

Anggota Komisi V DPR Fraksi Gerindra Sudewo membandingkan Anies dengan Joko Widodo saat memimpin Jakarta. Kata dia, pada DPR periode 2009-2014, Komisi V pernah mengundang Jokowi yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI. 

"Pada periode 2009-2014, saya berada di ruangan sini, dan ketika itu DKI Jakarta juga dilanda banjir yang sangat besar. Kemudian komisi V mengambil langkah koordinasi seperti ini," kata dia saat rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Jokowi memenuhi undangan DPR untuk membahas banjir. Sudewo mengatakan, Jokowi bersampingan dengan Menteri PUPR ketika itu untuk koordinasi masalah banjir.

"Komisi V juga mengundang Gubernur DKI ketika itu pak Joko Widodo. Dan forum itu Pak Joko Widodo hadir memenuhi undangan Komisi V. Dengan hadirnya pak Joko Widodo yang bertemu langsung dengan Menteri PU," kata Sudewo.

Rapat itu, menurut dia, menghasilkan dampak yang signifikan. Sudewo menyebut banjir sempat mereda dan tidak separah tahun sebelumnya.

"Dalam forum rapat komisi V, ada penanganan-penanganan nyata strategis, dan kita lihat, kita rasakan pasca itu di tahun berikutnya banjir DKI agak mereda, tidak sebesar tahun sebelumnya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Anies Absen

Sementara itu, Deputi Tata Ruang Pemprov DKI, Vera Refina Sari, menjelaskan mengapa bosnya tidak hadir. Dia mengatakan, Anies di lapangan tengah menangani banjir, sehingga agenda tak bisa ditinggal.

"Enggak bisa, karena kan dampak-dampaknya masih terasa sekarang. Jadi pas aja, mungkin undangannya sebelumnya. Tapi pas tiba-tiba kemarin ada banjir," ucap Vera.

Dia meyakini, bila tidak ada bencana banjir, maka Anies dipastikan baka menghadiri undangan tersebut.

"Kalau kemarin nggak banjir insyaallah Pak Anies hadir, karena undangannya sudah agak lama," jelas Vera.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.