Isu Reshuffle Kabinet, Moeldoko: Tidak Ada, Semua Konsentrasi Kerja

Oleh Liputan6.com pada 25 Feb 2020, 18:42 WIB
Diperbarui 25 Feb 2020, 18:42 WIB
Wawancara Kepala Staf Presiden Moeldoko Dengan KLY
Perbesar
Kepala Staf Presiden Moeldoko saat wawancara dengan KLY di Jakarta, Rabu (16/1). Dalam wawancara tersebut Moeldoko memaparkan kinerja kerja pemerintahan Jokowi-JK hingga saat ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum ada niatan untuk melakukan reshuffle. Sebab, saat ini menteri Kabinet Indonesia Maju sedang fokus melakukan berbagai pekerjaan isu mulai dari ekonomi hingga virus corona.

"Enggak ada. Masih semua konsentrasi kerja, apalagi menghadapi banyak isu," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Moeldoko pun menilai wajar jika Jokowi selalu mengevaluasi para menterinya. Sebab, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kata Moeldoko selalu memiliki catatan kinerja para bawahannya.

"Ya itu kan hak beliau untuk selalu melihat perkembangan dari kementerian. Apakah kebijakan-kebijakan dikerjakan dengan baik atau tidak. Beliau pasti punya catatan. Sebenarnya biasa dalam manajemen," kata Moeldoko.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman menegaskan, tidak ada rencana dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Menurutnya, semua anggota kabinet diperintahkan fokus terhadap fungsi kementeriannya masing-masing dan segera dapat beradaptasi. Hal itu guna merespons pertanyaan tentang kinerja menteri baru-baru ini.

"Apa-apa perlu penyesuaian. Ada yang cepat beradaptasi, ada yang tidak. Mohon sedikit dimaafkan dulu," kata Jokowi dalam silaturahmi dengan pegiat media sosial di Istana Bogor, melalui keterangan dari Jubir Presiden Fadjroel Rahman, Minggu (23/2/2020).

Tetapi, lanjut Fadjroel, Presiden juga menegaskan agar tujuan Indonesia sentris atau pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia dapat tercapai melalui prioritas Panca Kerja Kabinet Indonesia Maju.

2 dari 3 halaman

Mahfud Md Sebut Presiden Tak Pernah Bicara Reshuffle

Menko Polhukam Mahfud Md
Perbesar
Menko Polhukam Mahfud Md di kantornya, Kamis (23/1/2020). (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, sejauh ini belum ada isyarat dari Presiden Jokowi soal reshuffle kabinet. Dia tak mendengar ada rencana tersebut.

"Reshuffle saya tidak dengar dan tidak ingin dengar, untuk apa? Sejauh yang saya tahu, Presiden tidak pernah bicara reshuffle, tidak pernah memberikan isyarat-isyarat reshuffle," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Menurut dia, di sidang kabinet Jokowi biasa saja. Tak ada menunjukkan sikap ataupun pernyataan mengenai hal tersebut.

"Kita kan rata-rata setiap seminggu sidang kabinet itu dua atau tiga kali. Tidak ada isyarat itu. Baik dari sikap maupun pernyataan. Jadi itu hak prerogatif Presiden," tukasnya.

Sebelumnya, Jokowi disebut menggelar pertemuan dengan para relawannya di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 18 Februari 2020.

Kepada para relawannya yang telah membantu di Pilpres 2019 lalu, Jokowi disebut menyampaikan bahwa akan ada reshuffle Kabinet.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓