Sukses

Yasonna: Kesalahan Informasi Harun Masiku karena Kelalaian Vendor

Yassona menyebut ada kelalaian dari pihak vendor yang lupa mensinkronkan antara komputer di setiap counter dengan server lokal di Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Benny Kabur Harman mencecar Menkumham Yasonna Laoly soal salah informasi keberadaan Harun Masiku. Yasonna mengaku, terlambatnya informasi posisi Harun di Bandara Soekarno-Hatta karena kesalahan fatal pihak vendor atau penyedia sistem.

Yassona menyebut ada kelalaian dari pihak vendor yang lupa mensinkronkan antara komputer di setiap counter dengan server lokal di Bandara Soekarno-Hatta. Akibatnya, semua data perlintasan terlambat didapat oleh pusat data keimigrasian (Pusdakim).

"Pada Desember terjadi pelatihan staf-staf Keimigrasian kita oleh trainer-trainer vendor untuk perbaikan sistem di Terminal 2F, upgrading sistem di 2F, di Terminal 3 sudah selesai. Dan kemudian ternyata memang data Harun Masiku itu diterima masuk, tetapi di PC, di counter PC di data di sini. Dari PC ke server lokal tidak ter-connect," tutur Yasonna saat memaparkan hasil temuan tim gabungan di rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat,  Senayan, Jakarta (24/2/2020).

Yasonna mengaku kesalahan informasi mengenai data perlintasan Harun Masiku akibat kelalaian vendor merupakan kejadian memalukan.

"Jadi kita betul-betul sangat percaya pada waktu itu, tapi kendalanya ini betul-betul apes, apes besar dan sangat memalukan," ujar Yasonna.

"Makanya saya katakan kemarin dengan Plh Dirjen pastikan panggil mereka, saya minta pertanggungjawaban mereka membayar berapa ini barang sampai 1.200-an terkendala," tambah Yasonna.

Reporter: M Genantan

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.