Mahfud Md dan DPR Bahas Keamanan Papua Jelang PON 2020

Oleh Liputan6.com pada 24 Feb 2020, 16:08 WIB
Diperbarui 24 Feb 2020, 16:08 WIB
Mahfud MD
Perbesar
Mahfud MD (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menggelar rapat bersama pimpinan MPR RI terkait persiapan Papua menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Dia memastikan situasi di Papua kondusif.

"Ini bukan soal pengungsi. Ini Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MPR mau kunker (kunjungan kerja) ke Papua. Ya sudah kondusif. Tadi laporan kesiapan dari daerah, dari semua birokrasi, kondusif, bagus," kata Mahfud usai rapat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Mahfud enggan mengungkapkan hal-hal apa saja selain soal PON yang dibahas dalam rapat tersebut. Dia hanya bilang, rapat dilakukan untuk koordinasi antara eksekutif dan legislator. 

"Ya, soal persiapan PON dan lain-lain. Jadi kita koordinasi, saling memberi tukar informasi, dan memberi bekal," ucap Mahfud.

Senada dengan Mahfud, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengakui, salah satu isu yang dibahas dalam rapat tersebut yakni mengenai persiapan PON di Papua. Pimpinan DPR, DPD, dan MPR juga berencana berkunjung ke Papua pada Maret mendatang. 

"Pertama, kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial. Yang kedua kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke Papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5 untuk memastikan masalah keamanan, karena kami mendengar laporan tentang keamanan," kata Bamsoet. 

 

2 dari 3 halaman

Papua yang Berkeadilan

Bamsoet
Perbesar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa saat ini, bangsa Indonesia tengah merasakan ancaman yang luar biasa terhadap karakter serta jati diri bangsa

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, banyak masalah yang timbul di Papua beberapa waktu belakangan. Dia bilang, pihaknya juga mencari solusi untuk menyelesaikan masalah Papua. 

"Ya masalah ini kan jadi sudah sejak 50 tahun lalu, sejak Papua berintegrasi dengan Indonesia. Nah ini, hari ini mulai periode kepemimpinan presiden ada terus masalah yang timbul di Papua. Kami ingin ada jalan keluar secara permanen untuk Papua yang berkeadilan," tandasnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓