Sukses

Survei: Elektabilitas Anies Baswedan di 2024 Menurun karena Banjir Jakarta

Menurut Adi, bukan formula E yang yang membuat elektabilitas Anies Baswedan menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei calon presiden 2024. Menurut Direktur Eksekutif PPI, Adi Prayitno, elektabilitas Anies Baswedan di 2024 menurun lantaran banjir yang melanda Jakarta sejak 1 Januari 2020.

"Terpaan banjir dari awal Januari sampai sekarang itu efektif membuat elektabilitas Anies terjun bebas," ujar Adi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020).

Survei dilakukan dengan cara wawancara atau face to face dengan responden sebanyak 2.197 yang tersebar di 220 desa. Margin of eror survei ini 2,13 persen dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen.

Dalam survei ini, kepercayaan publik terhadap Anies Baswedan hanya 7,98 persen. Di atas Anies ada nama Ganjar Prabowo sebesar 8,8 persen, dan Sandiaga Uno sebanyak 9,1 persen. Ada juga nama Basuki Tjahaja Purnama sebesar 5,2 persen.

Sementara untuk capres dengan latar belakang militer diungguli Prabowo Subianto sebesar 17,3 persen, AHY 5,4 persen, Gatot Nurmantyo 2,0 persen, dan Andika Prakasa 1,3 persen.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Formula E

Menurut Adi, banjir di DKI Jakarta menjadi penyebab elektabilitas Anies menurun, bukan formula E yang akan diselenggarakan di Monas yang membuat elektabilitas Anies menurun.

"Hanya banjir yang kalahkan Anies, bukan formula E, lem aibon atau buser," kata Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.