Sandiaga: Formula E Baik untuk Tingkatkan Pariwisata

Oleh Liputan6.com pada 22 Feb 2020, 21:50 WIB
Diperbarui 22 Feb 2020, 21:50 WIB
Sandiaga Uno, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)
Perbesar
Sandiaga Uno, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menilai, ajang Formula E yang akan digelar Pemprov DKI Jakarta baik dalam meningkatkan pariwisata.

"Saya lihat niat menghadirkan formula ini kan baik kan niatnya, nawaitunya tuh untuk kebaikan DKI Jakarta dan baik untuk peningkatan pariwisata baik juga untuk mengirimkan pesan bahwa Jakarta serius dan Indonesia serius untuk melakukan eksplorasi terhadap energi baru dan terbaharukan elektrik vehicle sekarang ini," kata Sandiga di Rumah Siap Kerja (RSK), Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

"Jadi satu potensi yang luar biasa juga baik dari segi tentunya satu ajang yang menggeliatkan ekonomi daerah," kata imbuh dia.

Sandiaga mengaku melihat sikap masyarakat terbelah mengenai Formula E, terutama karena lintasan di Monas. Oleh karena itu, Pemprov DKI harus terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Ia ingin, ajang Formula E ini mendapat dukungan dari seluruh elite Pemerintah Pusat. Karena, Formula E menurutnya dapat membawa dampak yang baik yakni kesuksesan.

2 dari 3 halaman

Harap Polemik Berakhir

Resmi, Kawasan Monas Bakal Dijadikan Lintasan  Formula E
Perbesar
Petugas membersihkan rumput di kawasan Monumen Nasional (Monas) yang akan dijadikan arena lintasan balapan Formula E 2020, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Formula E 2020 seri Jakarta akan memakai lintasan Monas untuk balapan mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sandiaga berharap, polemik pembangunan lintasan Formula E segera berakhir. Apalagi, polemik bisa mengirim pesan yang kurang baik bahwa dunia Internasional.

"Terus kita mau juga buat Olimpiade buat 2032, ini harunsya jadi keyakinan kita bersama jangan ini dijadikan sebuah topik yang memecah belah kita tapi justru kita bersatu karena niatnya baik dan tinggal bagaimana melaksanakannya saja veneu ya segera diputuskan," sambungnya.

Meskipun Formula E ini ingin menampilkan suatu Icon yakni ingin diadakan di Monas, namun hal itu jangan sampai merusak lingkungan atau cagar budaya.

"Saya bicara sama waktu itu beberapa rekan-rekan yang sangat tertarik dari luar negeri dan melihat bahwa setiap pagelaran Formula E atau pagelaran-pagelaran seperti waktu Asian Games juga ada icon-icon khusus di tempat berlangsungnya acara tersebut misalnya iconnya Monas, ini yang mungkin mau ditonjolkan. Tapi dipastikan harus juga jangan sampai merusak lingkungan atau cagar budaya ini tugas pemerintah apalagi Juni akan dilaksanakan," ucap Sandiaga.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓