Sukses

Pengaspalan Lintasan Formula E di Monas Gunakan 2 Metode

Pengaspalan lintasan Formula E cuma dilakukan di pintu masuk Monas samping Stasiun Gambir.

Liputan6.com, Jakarta Deputy Director Communications Formula E, Hilbram Dunar menyatakan setelah ada uji coba, pengaspalan di kawasan Monas, Jakarta Pusat akan dimulai.

Monas merupakan salah satu lokasi yang akan digunakan sebagai lintasan balap mobil listrik atau Formula E pada 6 Juni 2020 nanti.

"Setelah di-review mana yang paling efisien akan mulai dilakukan pengaspalan," kata Hilbram saat dihubungi, Sabtu (22/2/2020).

Pengaspalan pertama, lanjut Hilbram, merupakan bentuk uji coba untuk memilih teknik pelapisan untuk cobblestone atau batu alam sebagai lintasan balapan. Rencananya uji coba pengaspalan dilakukan hingga 26 Februari 2020.

"Pengaspalan dengan dua metode Sandsheet dan Geotextile, untuk menentukan mana yang paling efektif," ucapnya.

Sebelumnya, Cobblestone atau batu alam di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat mulai diaspal. Rencananya lomba balap mobil listrik atau Formula E melintasi kawasan Monas akan dimulai dari depan Balai Kota DKI Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaspalan di Pintu Masuk Monas

Pantauan ubernur DKI Jakarta pengaspalan cuma dilakukan di pintu masuk Monas samping Stasiun Gambir. Pengaspalan cuma dilakukan di atas batu alam dengan panjang kurang lebih 15 meter dan lebar 4 meter.

Aspal yang digunakan tampak berbeda. Dari arah pintu masuk menggunkan dua jenis aspal berbeda dan ditumpuk. Sedangkan yang arah Tugu Monas menggunakan lapisan putih sebelum diaspal.

Sebelumnya, lintasan balap mobil listrik atau Formula E resmi dipastikan melintasi kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Berdasarkan video dalam media briefing yang dihadiri PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara Formula E, start diawali di depan Balai Kota atau kantor Gubernur DKI Jakarta.

"Walau lintasan utama di tengah Monas, tapi start akan dilakukan di bagian selatan di depan Balai Kota," kata narator dalam video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.