Jadi Lintasan Formula E, Batu Alam di Monas Mulai Diaspal

Oleh Ika Defianti pada 22 Feb 2020, 15:36 WIB
Diperbarui 22 Feb 2020, 15:36 WIB
Jadi Lintasan Formula E, Batu Alam di Monas Mulai Diaspal
Perbesar
Jadi Lintasan Formula E, Batu Alam di Monas Mulai Diaspal (Liputan6/Ika Defianti)

Liputan6.com, Jakarta - Cobblestone atau batu alam di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat mulai di aspal. Rencananya lomba balap mobil listrik atau Formula E melintasi kawasan Monas dan titik mulai dari depan kantor gubernur DKI Jakarta atau Balai Kota.

Pantauan Liputan6.com pengaspalan hanya dilakukan di pintu masuk Monas samping Stasiun Gambir. Pengaspalan hanya dilakukan dengan panjang kurang lebih 15 meter dan lebar 4 meter.

Selain itu, aspal yang digunakan tampak berbeda. Dari arah pintu masuk menggunakan dua jenis aspal berbeda dan ditumpuk. Sedangkan yang arah Tugu Monas menggunakan lapisan putih sebelum diaspal.

Sebelumnya, lintasan balap mobil listrik atau Formula E resmi dipastikan melintasi kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Berdasarkan video dalam media briefing yang dihadiri PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara Formula E, start diawali di depan Balai Kota atau kantor Gubernur DKI Jakarta.

"Walau lintasan utama di tengah Monas, tapi start akan dilakukan di bagian selatan di depan Balai Kota," kata narator dalam video.

2 dari 3 halaman

Rute Lintasan Formula E

Lalu para pembalap akan memasuki kawasan Monas melalui pintu masuk silang barat daya Monas dekat dengan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Kemudian akan berputar di pelataran Barat Monas dan berbelok ke arah selatan pelataran Monas. Berlanjut ke kawasan timur dan tenggara dan berakhir di titik awal atau depan gedung Balai Kota.

Lintasan Formula E itu juga dijelaskan memiliki panjang 2,58 kilometer dengan searah jarum jam dan lebar 9,5 -12 meter. Selain itu terdapat 12 tikungan dengan delapan delapan tikungan ke kanan dan empat ke kiri.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait