Sukses

Jokowi Makan Kuah Beulangong Bareng Ribuan Warga Aceh Sabtu Besok

Presiden Joko Widodo bakal hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar Yayasan Sukma bersama Forum Bersama Anggota DPR RI Asal Aceh (Forbes) di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bakal hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan yang digelar Yayasan Sukma bersama Forum Bersama Anggota DPR RI Asal Aceh (Forbes) di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Aceh, Sabtu (22/2/2020).

Dalam acara tersebut, Jokowi akan menyantap masakan khas Aceh bersama ribuan warga, yaitu kuah beulangong atau sering disebut juga dengan gulai berbahan baku utama daging sapi atau kambing.

"Besok presiden makan bareng disini, sama ribuan warga. Masakannya kuah beulangong dari daging sapi. Ada dua pilihan, dengan kuah kental dan kuah encer," terang Direktur Eksekutif Yayasan Sukma Ahmad Baedowi di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Jumat (21/2/2020).

Menurutnya, ada 20 desa di Bireun yang ikut terlibat memasak kuah beulangong. Mereka pula nantinya akan ikut makan bersama Jokowi.

Kenduri Kebangsaan merupakan sebuah ajang silaturahmi dan sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh. Tujuannya untuk mempererat persatuan masyarakat di wilayah yang dijuluki Serambi Mekkah ini.

"Namanya kenduri kebangsaan ini mengumpulkan seluruh elemen masyarakat Aceh. Bagi tradisi Aceh, kalau sudah dibilang kenduri itu permusuhan hilang," ucap Baedowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Menteri Ikut Serta

Selain Jokowi, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju turut serta makan bersama ribuan warga Tanah Rencong itu. Pejabat yang hadir antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Pendiri sekaligus Pembina Yayasan Sukma, Surya Paloh akan memberikan sambutan dalam acara Kenduri Kebangsaan.

Dalam acara Kenduri Kebangsaan juga akan menampilkan kesenian-kesenian khas Aceh. Selain itu, terdapat pameran hasil sumber daya alam Aceh, kerajinan, hingga IPTEK dari sejumlah universitas di Aceh. (Achmad Sudarno)Attachments area

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.