Sukses

Jalan Berbayar di Sudirman-Thamrin Akan Diterapkan Akhir 2020

Saat ini, Dishub DKI tengah memfinalisasi kajian dokumen sistem ERP atau jalan berbayar di ibu kota.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana segera menerapkan sistem electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar elektronik di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin. Rencananya, jalan berbayar itu mulai diterapkan pada akhir 2020.

"Tahap pertama tentu di koridor (Jalan) Sisingamangaraja, Sudirman, Thamrin," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Syafrin menuturkan, saat ini pihaknya tengah memfinalisasi kajian dokumen sistem jalan berbayar elektronik. Rencananya Maret 2020 ini, proses lelang akan dilakukan dan ditargetkan dapat diumumkan pada Juni mendatang.

"Targetnya di bulan Juni sudah ada pemenang lelang. Setelah Juni, mereka bekerja. Setelah bekerja, akhir tahun ini kami implementasikan," ucapnya.

Sebelumnya, Syafrin Liputo manergetkan, nantinya jalan protokol di Jakarta bisa dilintasi kendaraan dengan kecepatan 50 km/jam setelah sistem jalan berbayar atau ERP diberlakukan.

"Kita targetkan 50 km per jam," ujar Syafrin, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan ERP Layak Diterapkan

Menurutnya, sejumlah ruas jalan protokol di Jakarta teridentifikasi layak diterapkan sistem ERP. Ada 4 aspek yang ditinjau, yakni, kecepatan, rasio, lokasi dan lingkungan.

Syafrin optimistis, target kecepatan itu mampu dicapai setelah evaluasi penerapan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat atau lebih.

Jika sebelumnya rata-rata laju kendaraan 25 km/jam, setelah diterapkan sistem ganjil genap, kecepatan kendaraan meningkat menjadi 30 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.