Sukses

Andre Rosiade Minta Kemendag dan PUPR Bangun Pasar Berskala Nasional di Padang

Andre mengatakan, Pasar Raya Kota Padang Fase VII saat ini dalam kondisi rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade menggelar audiensi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto terkait percepatan perbaikan dan pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII.

Dalam audiensi ini, Andre bersama sejumlah anggota DPRD Kota Padang dan Dinas Perdagangan Kota Padang meminta bantuan anggaran dari Kemendag dalam perbaikan Pasar Raya Padang Fase VII.

"Kita sudah melakukan audiensi dengan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri dalam rangka meminta bantuan pemerintah pusat agar Pasar Raya Padang khususnya fase VII itu diberikan bantuan APBN oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR," kata Andre di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Andre mengatakan, Pasar Raya Kota Padang Fase VII saat ini dalam kondisi rusak. Selain karena usia bangunan yang sudah tua, kerusakan juga timbul karena dampak bencana gempa bumi yang mengguncang Sumatera Barat tahun 2009 silam.

"Jadi sudah 11 tahun pasar ini rusak, lalu usianya sudah lebih dari 40 tahun, dan menampung ribuan pedagang. Tentu ini perlu bantuan dan perhatian pemerintah," imbuh Andre.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini menjelaskan, akibat kondisi Pasar Raya Padang Fase VII yang tidak layak digunakan oleh para pedagang, maka banyak dari para pedagang yang berjualan di lokasi tersebut telah menjadi pedagang kaki lima (PKL).

Karena itu, dibutuhkan perhatian dari pemerintah pusat untuk kembali meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat setempat dengan adanya lokasi yang layak. Sehingga, ketertiban dan transaksi jual beli masyarakat setempat menjadi lebih baik.

"Bahkan juga banyak yang sudah menjadi PKL (Pedagang Kaki Lima). Tentu mudah-mudahan pertemuan ini menjadi terobosan agar pasar ini bisa dibangun," jelas Andre Rosiade.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepakat Biayai Pembangunan

Andre mengungkapkan, audiensinya berjalan lancar dengan Suhanto. Menurutnya, Kemendag sepakat membiayai perbaikan dan pembangunan Pasar Raya Padang Fase VII. Rencananya dalam APBN 2021 nanti, Pasaraya Padang khususnya fase VII dapat dibiayai dan dapat segera dibangun oleh bantuan pemerintah pusat.

"Alhamdulillah audiensinya berjalan lancar, lalu Pak Dirjen sudah memberikan arahan dan petunjuk untuk dokumen-dokumen segera disiapkan Dinas Pasar dan Pemerintah Kota Padang. Dan insyaallah 3 minggu ke depan Dinas Pasar melalui surat resmi Walikota Padang dan rekomendasi Gubernur Sumatera Barat akan dikirimkan segera ke Menteri Perdagangan dan ditembuskan ke Menteri PUPR. Sehigga nanti pasaraya Padang khususnya fase VII dapat dibiayai dan dapat dibangun melalui APBN 2021 nanti," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini